Gandeng Seniman, Sinode GKI Jawa Timur Gelar Perayaan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia

SURABAYA - analisapost.com | Dua tahun sudah Pandemi Covid-19 membatasi aktifitas semua lini di masyarakat termasuk Sinode Gereja Kristen Indoensia (GKI) Wilayah Jawa Timur. Dalam rangka Perayaan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dan bersamaan dengan Hari Pantekosta, Departemen Oikumene dan Kemasyarakatan (Oikmas) sinode GKI Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan acara Refleksi dan Perayaan dengan menggandeng para seniman di Jawa Timur. Minggu (05/06/22)

Departemen Oikumene dan Kemasyarakatan sinode GKI Wilayah Jawa Timur menyelenggarakan acara Refleksi dan Perayaan dengan menggandeng para seniman (Foto: Radian)

Pdt. Firmanda Tri Permana, ketua Departemen Oikmas yang juga menjadi ketua panitia acara menjelaskan bahwa untuk kali ini ia membuat acara yang sedikit beda dengan kebanyakan acara GKI, yakni menggandeng para seniman dan budayawan untuk memberikan warna dan nuansa beda dalam berefleksi.


“Kegiatan yang rencananya akan diselenggarakan pada Minggu, 5 Juni 2022 mulai pukul 18.30 WIB di Halaman Gereja GKI KUTISARI, Jl. Kutisari Indah 137 - 139 Surabaya, terbuka untuk umum dan kami berharap semua warga masyarakat bisa datang menikmatinya serta teman-teman media bisa hadir dan mengabarkannya.” undang Pdt. Firmanda Tri Permana.


Acara akan menghadirkan pula tokoh lintas agama se -Surabaya dan Sidoarjo yang nantinya akan memberikan orasi singkat dan diteruskan penyerahan bibit pohon/tanaman pada generasi muda sebagai penerus bangsa.

Acara juga diisi dengan Perform Seni Budaya, melibatkan puluhan seniman budayawan Jawa Timur, diantaranya: Desemba akan melukis peristiwa penciptaan alam semesta, Budi Palopo penggurit Jawa, Arul Lamando musisi Rebab, Victor musisi Saxophone, Heru musisi Violin & Biola, Puguh musisi Arcodion, Arul musisi Didjeridu, Tribroto menari Jawa, LCH musisi Tambur besar / Barongsai, Marthin Bana (gitar) pemandu nyanyi Lestari Alamku, Dion ukulele, serta sejumlah seniman pendukung lainnya.Acara akan diakhir dengan Tumpengan perjamuan Kasih.


Saat ditemui di sela-sela gladi bersih kegiatan jumat (04/06/22), Desemba Sagita Titahelew, salah satu pengisi perform menjelaskan bahwa ia akan menampilkan Teater Rupa, yakni akan main full gambar diseluruh waktu pertunjukan.


Seniman yang juga Ketua FBS (Forum Budaya Surabaya) tersebut akan melakukan proses kreatif melukis pada giant canvas yang nantinya akan menggambarkan proses penciptaan alam semesta hingga pengrusakan alam semesta oleh manusia.

Proses ini akan simultan dengan penampilan para penyaji yang lainnya secara bergantian dengan total durasi sekitar satu jam. Penonton diharapkan bisa mengikuti alur proses kreatif para seniman tersbut dari awal hingga akhir dan bisa memahami harpan perform tersbut bahwa pada akhirnya diperlukan seruan bersama untuk menyelamatkan alam semesta dengan apa yang bisa dilakukan, walau sekecil apapun kepedulian dan tindakan nyatanya semisal menanam bibit tumbuhan, dsb.


Pendeta senior Sinode GKI Wilayah Jatim, Pdt. Simon Filantropa yang nantinya akan memberikan sambutan pada acara, menyatakan bahwa melalui Perayaan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dan bersamaan dengan Hari Pantekosta yang melibatkan para seniman budayawan dalam bentuk pertunjukan teater Rupa ini maka GKI mengajak jaringan lintas agama untuk bersama-sama melakukan seruan dan berbuat bersama-sama untuk lingkungan hidup dan keberlangsungan kehidupan dunia.


Dengan kerusakan yang sudah ada dewasa ini diperlukan kepedulian semua pihak untuk bergandeng bersama melestarikan lingkungan hidup sebagai manifestasi dari perwujudan kasih terhadap sesama.(RJ)


#harilingkunganhidup #LingkunganHidupSedunia #GKI #Oikmas

508 tampilan0 komentar