Gebyar On The Spot, Jejak Sang Proklamator "Bung Karno"

SIDOARJO - analisapost.com | Hari ini sekitar 50 pelukis meramaikan acara bulan Bung Karno yang digelar di depan Monumen Jayandaru, alun-alun jalan A.Yani Sidoarjo pada hari Sabtu (25/06/22) mengambil tema figure Bung Karno.

Salah satu pelukis yang melukis di area Monumen Jayandaru Sidoarjo (Foto: Div)

Acara Gebyar On The Spot (OTS) Jejak Sang Proklamator Bung Karno di gagas DPC-PDIP Kabupaten Sidoarjo dan Taruna Merah Putih, dimulai pukul 09.00 WIB untuk melakukan registrasi.


Sentot Usdek sebagai Ketua Panitia mengatakan,"OTS dimulai pukul 10.00 sampai dengan 13.00 WIB yang kemudian hasil karya OTS dipamerkan di area Monumen Jayandaru mulai pukul 15.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB." jelasnya.


"Dari total 50 lukisan yang dilombakan berasal dari seniman Sidoarjo dan luar daerah Sidoarjo, 10 karya terbaik mendapatkan penghargaan." imbuhnya


Tak hanya itu, setiap peserta juga mendapatkan sertifikat atau piagam keikutsertaan acara.

Menurutnya, Gelar Karya ini untuk memperingati Bulan Bung Karno. Selain itu, untuk meningkatkan eksistensi pelukis Sidoarjo.

"Disini para seniman di bebaskan melukis atau menggambarkan ekspresi Bung Karno mulai masa kecil hingga beliau berjuang untuk kemerdekaan Indonesia." tutupnya mengakhiri pembicaraannya dengan awak media Analisa Post saat ditemui di sela-sela kesibukannya pagi hari.


Tidak hanya itu, dalam pameran tersebut juga memunculkan sisi lain Bung Karno di kehidupan sehari-hari kepada masyarakat. Acara ini mendapat banyak perhatian masyarakat dan respon dari pejabat di Sidoarjo.


Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor), Ketua DPC PDIP Sidoarjo, Sumi Harsono, Anggota Fraksi PDIP DPR RI, Bambang DH, Direktur Utama BPR Delta Artha, Sofia Nurkrisnajati Atmaja. Perumda Delta Tirta Sidoarjo, dan Kepala Kejari Sidoarjo, Akmad Muhdlor, dilaksanakan dengan lancar dan meriah.

Masih dalam kesempatan yang sama, Ketua DPC PDIP Sidoarjo, Sumi Harsono menyampaikan pada malam itu bahwa,"Bulan Juni dikenal sebagai Bulan Bung Karno, karena lahir dan meninggal di bulan yang sama. Ini adalah salah satu upaya melestarikan dan mengingatkan generasi muda Sidoarjo atas peran sang Proklamator."tegasnya.


"Bung Karno adalah Presiden RI pertama, ini bukan hanya milik golongan tertentu, akan tetapi milik bangsa Indonesia."tutupnya mengakhiri.


Sebagai bulan yang sakral selain hari lahir Putra Sang Fajar yang dikenal dengan nama Bung Karno, 1 Juni dikenal juga sebagai Hari Lahir Pancasila. Berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa lebih dekat mengenal sosok Bung Karno yang juga dikenal dengan julukan Penyambung Lidah Rakyat. (Dna/Che)



Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#BungKarno #pameranlukisan #Jejaksangproklamator



176 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua