Gus Muhdlor: RSUD Sidoarjo Barat Dilengkapi Klinik Spesialis Bedah Orthopedi

SIDOARJO - analisapost.com | Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) resmi membuka RSUD Sidoarjo Barat mulai April ini. Untuk sementara, RSUD barat masih melayani rawat jalan. Berbeda pada umumnya, meski kategori rumah sakit tipe C, rumah sakit ini sudah dilengkapi Klinik Spesialis Bedah Orthopedi.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) resmi membuka RSUD Sidoarjo Barat mulai April ini.(Foto: Istimewa)

Sejak awal dibangun, Bupati Gus Muhdlor sudah mengantisipasi kalau pelayanan kesehatan di rumah sakit Sidoarjo barat harus dilengkapi layanan bedah orthopedi atau bedah tulang. Adanya klinik bedah orthopedi maka penanganan korban kecelakaan bisa dilakukan lebih cepat karena tidak dirujuk ke RSUD Sidoarjo.


"Di wilayah Krian atau Sidoarjo barat ini merupakan daerah rawan kecelakaan, oleh sebab itu sejak awal saya minta rumah sakit ini harus ada dokter spesialis orthopedi," ujarnya. Jum'at usai melauching RSUD Sidoarjo Barat yang berada di Desa Tambak Kemerakan Krian. Jum'at, (1/4/2022).


Selama ini bila terjadi kecelakaan di jalur Krian-Balongbendo, korbannya sering dirujuk ke RSUD Sidoarjo. Dari korban kecelakaan itu, yang sering dialami yakni masalah tulang patah, tulang retak atau keseleo.


"Percepatan penanganan korban kecelakaan penting dilakukan, dan rumah sakit ini sudah dilengkapi itu jadi bisa langsung ditangani, " tuturnya.

Ada enam klinik yang dibuka untuk melayani rawat jalan. Keenam klinik itu yakni klinik spesialis anak, klinik spesialis kandungan dan kebidanan, klinik spesialias penyakit dalam, klinik spesialis jantung dan pembuluh darah, klinik spesialis orthopedi serta klinik spesialis bedah umum.


Sejumlah peralatan medis modern yang sudah tersedia untuk mendukung pelayanan kesehatan diataranya : USG 4 dimensi untuk kandungan dan kebidanan, USG 4 dimensi untuk pemeriksaan abdomen yang mendukung klinik penyakit dalam, dental panoramic untuk pemeriksaan gigi, Xray untuk mendukung pelayanan orthopedi, dan alat penunjang lainnya yang akan beroperasi pada saat layanan IGD dan rawat inap dibuka.


Jam operasionalnya dibuka mulai hari Senin - Sabtu mulai pukul 07.30 - 13.00 wib khusus hari Senin-Kamis untuk administrasi umum. Sedangkan hari Sabtu buka layanan sampai pukul 12.00 Wib. Sedangkan jam buka layanan klinik spesialis mulai pukul 07.30 - 11.00 Wib setiap hari Senin - Kamis. Untuk hari Sabtu jam pelayanan sampai pukul 10.00 Wib.


Meski baru beroperasi, RSUD Sidoarjo Barat sudah dilengkapi layanan antrian online. Antrian itu bisa diakses melalui aplikasi SATELIT SIBAR yang saat ini sedang proses disiapkan. "Bagi masyarakat yang memilih antrian manual bisa langsung datang ke loket pendaftaran di rumah sakit," ujar dr. Abdilla Al Hadad Plt. Direktur RSUD Sidoarjo Barat. (Hrn).

163 tampilan0 komentar