Ibu Hamil Tidak Takut Vaksin


Foto : Charles

Surabaya, Analisa Post | Kali ini giliran para Ibu Hamil yang di vaksin. Ibu hamil merupakan kelompok rentan berisiko terpapar covid-19 sehingga harus di vaksin. Seperti yang disampaikan oleh menteri Kesehatan tentang Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining. Kegiatan ini digelar di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) kampus C Unair.Kamis (19/08/21)


Vaksinasi hanya bisa diberikan pada ibu hamil dengan usia kandungannya sudah 13 minggu. Jika tidak memiliki penyakit penyerta, vaksin bisa di berikan. Jika memiliki penyakit penyerta akut, disarankan untuk tidak ikut vaksin.


Pelaksanaan vaksin yang diadakan di Gedung Airlangga Convention Ini diberikan vaksin dosis pertama jenis Sinovac dan untuk vaksin kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.


Untuk syarat Vaksinasi bagi ibu hamil adalah :

  1. Ibu hamil yang memiliki tekanan darah diatas 140/90 dianjurkan untuk melakukan vaksinasi dan di rujuk ke RS

  2. Ibu hamil yang memiliki gejala seperti kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati dan pandangan kabur, akan ditinjau ulang pemberian vaksinnya dan di rujuk ke RS.

  3. Jika memiliki riwayat alergi berat harus mendapatkan pemantauan khusus untuk mengantisipasi munculnya efek samping

Dari pantauan Analisa Post, terlihat para Ibu hamil ini sangat antusias untuk ikut vaksin sambil menunggu gilirannya di panggil.


"Saya tidak takut di vaksin karena sudah ada penjelasan dari Puskesmas Jolotundo. Karena ada program vaksin ibu hamil, dari puskesmas menyarankan saya datang kesini." jela Gadis ibu muda yang datang bersama anaknya.


Para Ibu hamil sebelum divaksin dianjurkan untuk terlebih dahulu konsultasi dengan Dokter kandungan. Karena banyak ibu hamil yang meninggal terpapar Covid-19. Sebenarnya hal tersebut memberatkan dan pastinya menakutkan. Oleh karena itu Vaksin bisa menjadi solusi. Kalau diluar Negeri, hal ini sudah biasa dilakukan. Tetapi di Indonesia baru kali ini.


Dari informasi yang di dapatkan Analisa Post, jumlah peserta ada kurang lebih 600 orang yang ikut vaksin di kampus C unair. Moment ini sudah ditunggu oleh Ibu Hamil. Sebelum melaksanakan vaksin, persiapan nya di sarankan untuk tidur cukup dan minum vitamin. (Dna)




25 tampilan0 komentar