top of page

Ikhtiar Toko Buku Peneleh, Tetap Buka Meskipun Sepi

Diperbarui: 13 Apr 2023

SURABAYA - analisapost.com I Bangunan lawas dekat Rumah Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto ini berdiri kokoh meskipun usia sudah tidak muda lagi. Bangunan ini merupakan Toko Buku Peneleh yang mana berada di Jalan Peneleh Gang VII No 22 Surabaya. (10/4/23).

Toko buku ini merupakan tempat yang pernah dikunjungi oleh Soekarno pada masa beliau kos di HOS Tjokroaminoto yang dulunya toko ini adalah percetakan. Namun jangan salah Toko buku ini tidak ada kaitannya dengan sejarah sama sekali.


"Sebenarnya, toko buku ini gak ada kaitannya sama sejarah mas. Pak Soekarno dulu kesini cuma sekedar singgah mampir aja waktu tempat ini masih namanya percetakan." Ujar Muhammad, karyawan toko buku peneleh kepada analisapost.com (10/4/23).


Meskipun demikian, toko buku ini sangat berkaitan dengan Islam Muhammadiyah karena itu hampir semua buku yang dijual adalah buku-buku Muhammadiyah. Dengan menampilkan tokoh-tokoh yang mengembangkan Muhammadiyah di Surabaya, salah satunya K.H. Mas Mansoer.


Toko buku ini tidak pernah tutup kecuali pada hari Ahad. Meskipun toko sepi, Muhammad tetap membuka toko buku ini karena merupakan amanah dari pendirinya.


"Buka setiap hari kecuali Ahad mas, dan meskipun sepi kita tetep buka. karena ini amanah dari pendiri toko. dan alhamdulillah mereka yang datang kesini pasti mereka yang memang butuh buku yang kami ada." Jelas Muhammad.


Terlepas dari jejak sejarah yang ada, Toko Buku Peneleh sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka, terlebih tentang Muhammadiyah.(Ivy)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

78 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page