Ingin Turut Kontribusi Bangun Kota Surabaya, YKMS Audiensi Ke Walikota

SURABAYA - analisapost.com | Walikota Surabaya menerima audiensi dari Yayasan Karya Muda Sejahtera (YKMS) di Ruang Rapat Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Kantor Pemerintah Kota jalan Jimerto 25-27 Surabaya, Kamis (10/02/22).

Foto : istimewa

Dalam kesempatan tersebut, pengurus Yayasan Karya Muda Sejahtera diterima Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Ir. Hidayat Syah, MT. yang mewakili Walikota Surabaya.


Ketua YKMS, Arief Prayogo S.Sos menjelaskan, tujuan audiensi tersebut selain bersilaturrahmi, juga untuk membahas program-program unggulan YKMS agar dapat bersinergi dengan program Pemkot Surabaya.


"Kami dari YKMS ada tiga program unggulan yaitu urban farming, olah limbah dan daur ulang, juga kampung wisata edukasi", papar Arief.


Masih dengan Arief, dikota besar seperti Surabaya sangat sulit mendapatkan lahan yang luas untuk bercocok tanam. Oleh sebab itulah kami ingin mengedukasi dan menginspirasi warga masyarakat perkotaan untuk bertanam menggunakan media vertikultur dengan memanfaatkan lahan sela.


"Untuk pengolahan limbah dan daur ulang, kami memanfaatkan limbah rumah tangga, yaitu minyak jelantah untuk dibuat barang yang bernilai lebih seperti souvernir atau sabun, sedangkan limbah popok bekas bisa kita manfaatkan menjadikan piala, vas bunga, maupun paving", terang Arief.

Foto : istimewa

Lanjut Arief menjelaskan, untuk Kampung Wisata Edukasi (Pusaka), YKMS mempunyai kampung penggarapan yaitu Kampung Telang yang berada di Ketintang Baru Surabaya, dan Kampung Verti yang berada di Kendangsari.


"Beberapa hari yang lalu, YKMS juga menggelar Gerakan Tanam Serentak Menggunakan Metode Vertikultur Se-nusantara di kampus UNIPA bersinergi dengan Aksi Cepat Tanggap ACT Masyarakat Relawan Indonesia MRI, Universitas PGRI Adi Buana serta Cak dan Ning Surabaya untuk mendorong minat bercocok tanam warga kota Surabaya dengan memanfaatkan lahan sela", tambah Arief.


"Mudah-mudahan dengan silaturrahmi ini kami YKMS bisa bersinergi dengan pemerintah kota untuk berkontribusi mewujudkan Surabaya yang lebih baik lagi dengan beberapa program unggulan kami," harap Arief.


Sementara itu, Kepala Bakesbang dan Politik kota Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu, SH. MH. menerangkan, pemerintah kota Surabaya telah melakukan audiensi sebagai tindak lanjut permohonan dari YKMS dan sudah disampaikan terkait kegiatan tersebut.


"YKMS adalah merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang lingkungan dan konsentrasinya adalah pengelolaan limbah sehingga diharapkan YKMS bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan kota Surabaya utamanya dalam rangka pemberdayaan masyarakat", paparnya.


Masih dengan Maria Rahayu, setelah audiensi ini hasilnya akan dilaporkan kepada pimpinan dan tentunya akan di tindaklanjuti, karena kegiatan YKMS menyangkut beberapa kegiatan pemerintahan kota Surabaya dan beberapa dinas sehingga akan dikoordinasikan lebih lanjut mengingat kegiatan YKMS tersebut menurut kami sangat bermanfaat dalam rangka pemeliharaan lingkungan dikota Surabaya.


"Mudah-mudahan YKMS tetap bisa memberi pembinaan dan pemberdayaan kepada warga kota Surabaya dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan terus berkesinambungan untuk memberikan tambahan pengetahuan kepada warga kota Surabaya, kami juga berharap YKMS bisa menyampaikan permohonan pencatatan organisasinya di Bakesbangpol", harapnya.(ubet/Red)

437 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua