top of page

Jadikan Idul Adha 1444 H/2023 Wujud Perhatian dan Berbagi Kepada Sesama

DENPASAR - analisapost.com | Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M yang diperingati pada tanggal 29 Juni 2023 ini, Pangdam IX/Udayana melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid An Nur Makoyonif Raider 900/SBW, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Sementara Kasdam IX/Udayana melaksanakan Sholat Idul Adha di Lapangan Makorem 163/Wira Satya, Denpasar.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M (Foto: Istimewa)

Dalam pelaksanaannya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., yang didampingi Ketua Persit KCK PD IX/Udayana selesai melaksanakan Sholat Idul Adha. Pangdam bersama rombongan melaksanakan peresmian Museum Ketonggeng yang berada di Makoyonif Raider 900/SBW, ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti.


Selain itu, sebagai wujud perhatian dan berbagi kepada sesama. Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga melaksanakan peninjauan kondisi perumahan Prajurit Yonif R 900/SBW dengan menggunakan kendaraan ATP dan dilanjutkan melihat langsung pelaksanaan pemotongan hewan kurban.


Selanjutnya di Denpasar, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr.(Han)., didampingi Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana dan para Pejabat Kodam IX/Udayana selesai melaksanakan Sholat Idul Adha langsung menuju Masjid Agung Sudirman Denpasar untuk melaksanakan penyerahan hewan kurban secara simbolis kepada Panitia Kurban.


Pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, dalam sambutannya Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap umat Islam di seluruh dunia, karena di bulan ini umat Islam menyerahkan hewan kurban untuk dibagikan kepada fakir miskin.


Perintah berkurban bagi yang mampu menunjukkan bahwa Agama Islam mengajarkan kepada umatnya untuk peduli terhadap fakir miskin dan kaum dhu’afa di sekitarnya. Dengan disyari’atkan kurban, Umat Muslim dilatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial dan mengajarkan sikap saling menyayangi, rasa empati serta meningkatkan solidaritas, kebersamaan dan saling menolong sesama guna mempererat tali silaturahmi.


“Apa yang kita laksanakan ini sesuai dengan tema Idul Adha 1444 H/2023 M yaitu Jadikan Idul Adha 1444 H/2023 M Sebagai Sarana Peningkatan Ketaqwaan dan Kepedulian,” pungkas Pangdam.


Peringatan Hari Raya Idul ini, untuk di Masjid Agung Sudirman menerima hewan kurban Sapi sebanyak 8 ekor yaitu dari Panglima TNI 1 ekor, Pangdam IX/Udayana 2 ekor, Kasdam IX/Udayana 1 ekor, Danrem 163/WSA 2 ekor dan Jamaah Masjid Agung Sudirman 2 ekor, serta Kambing sebanyak 42 ekor dari Jamaah Masjid Agung Sudirman.


Selanjutnya, hewan kurban yang bertempat di Makoyonif Raider 900/SBW yaitu 3 ekor Sapi (dari Pangdam IX/Udayana, Umat Muslim Kima dan Kibant Yonif Raider 900/SBW dan dari PLTU), serta 5 ekor Kambing kurban. (Ist)

105 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page