Kades Candi Pari Pertahankan Kearifan Seni Karawitan

SIDOARJO - analisapost.com | Dalam rangka pergantian Tahun Baru 2021 menuju 2022 di kelurahan Candipari Wetan Jalan Perbakala No 2011, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, adalah komplek peninggalan bersejarah yang memiliki banyak potensi dari segi pariwisata, sosok Kades yang baru, melalui jiwa seninya, beliau menggagas menampilkan karawitan berkolaborasi dengan Pawitra, suatu komunitas Pelestari Seni Budaya bersama kelompok karawitan Candi Laras pada hari Sabtu malam.(08/01/22)

Kades Desa Candi Pari, Moh Nurhadi.SE (Foto: Ist)

Acara yang di gelar sebagai bentuk usaha untuk mempromosikan seniman dan budayawan yang berada di Candi Pari ini di hadiri oleh Kades, Camat, BPD, LPMD, RT, RW, hingga tokoh agama disambut dengan antusias oleh masyarakat dan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Moh Nurhadi.SE selaku Kades yang terpilih menghaturkan terima kasih untuk warga yang sudah membantu dalam persiapan acara ini hingga terselenggara acara tersebut meski acara ini sempat di undur karena aturan yang menyatakan untuk tidak boleh melakukan kegiatan di malam tahun baru.


Namun karena kecintaan masyarakat, akhirnya acara ini terwujud yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan sangat sederhana.


"Kita ingin setiap ada kegiatan menampilkan karawitan. Semua ini bersifat spontanitas dan ini semua swadaya dari masyarakat dengan dana patungan." Ujar Kades Candi Pari kepada awak media Analisa Post saat di temui di kantor Kades. Senin (10/01/22)

Para Budayawan, S. Karno, Ketua Pawitra, Titik Purwanti

"Untuk karawitan sendiri, latihannya di sini setiap hari minggu. Kami ingin masyarakat tau mengenai karawitan selain di sini ada situs-situs sejarah. Saya juga ingin mewujudkan wisata, Industri, dan Religi. Ini cara memperkenalkan potensi budaya yang nantinya menjadikan kekuatan bagi masyarakat." Imbuhnya.


"Kami juga menerima siapapun atau dari manapun jika ingin mengundang karawitan dari Candi Pari baik itu acara mantenan, hajatan ataupun kegiatan-kegaitan lainnya dan bisa hubungi langsung Kasun Jali di no 085895745221."paparnya


Disisi lain Pak Nurhadi berharap pemerintah memberikan suport kepada desa Candi Pari."Meskipun kami belum memiliki gamelan sendiri, buktinya acara yang kami gelar berjalan dengan baik. Dana desa dalam akhir tahun, memang tidak menganggarkan momen-momen tertentu, tapi kita memberikan anggaran untuk pelatihan, konsumsi, selebihnya mereka swadaya." Jelasnya mengakhiri pembicaraannya kepada awak media Analisa Post.

Pawitra Sidoarjo, menghadiri Apresiasi seni Karawitan Candi Laras ,komunitas warga Candi Pari Porong Sidoarjo

Nurhadi mengungkapkan setiap bulan akan ada kegiatan untuk memfasilitasi masyarakat dalam bidang seni budaya. Karena kegiatan tersebut dirasa menjadi langkah strategis dalam pengembangan budaya dan kesenian di Desa Candi Pari.


Dengan demikian akan berdampak sangat positif juga untuk masyarakat sekitar dimana masyarakat dapat berfikir semakin kreatif sehingga menambah pendapatan masyarakat yang sempat menurun akibat adanya pandemi.(Dna)



230 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua