Kedungbrocok Sukses Gelar Ruwat Desa dan Ruwat Situs

SIDOARJO - analisapost.com | Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, itulah kesan yang terlihat dalam kegiatan yang digelar di Balai Desa Kedungbocok Kec. Tarik Sidoarjo, Sabtu 26 Maret 2022.

Pergelaran wayang kulit diawali dengan penyerahan Gunungan oleh Kepala Desa (Foto: Istimewa)

Pergelaran wayang kulit diawali dengan penyerahan Gunungan oleh Kepala Desa Kedungbocok, Hj. Khoirun Nisak, S. Pd. dan tokoh wayang Jagal Abilowo diserahkan oleh Ketua FPK (Forum Pamong Kebudayaan) Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto.


Menurut Mbah Hadi Yoyok, penanggung jawab acara, pihaknya berusaha menggelar acara yang saling mendukung antara kegiatan kesenian dan kebudayaan, termasuk juga pelestarian cagar budaya.


”Selain acara ruwat desa, acara ini sekaligus acara ruwat Situs Alas Trik” ujar pegiat budaya Sidoarjo ini.


Sementara itu, Khoirun Nisak kepada wartawan mengatakan jika acara ini murni swadaya masyarakat dan baru pertama kali ini menggelar wayang kulit.

”Alhamdilillah acara yang pertama digelar ini bisa sukses atas dukungan semua pihak" ujarnya dengan wajah sumringah.


Ditempat yang sama, Ki Bagong sangat apresiatif dengan acara tersebut, menurutnya, FPK sangat mendukung kegiatan kebudayaan ini.


”Sebuah terobosan yang sangat luar biasa, satu kegiatan mencakup banyak bidang kebudayaan, ada Adat Istiadat, Cagar Budaya dan juga Kesenian” Pungkasnya.(Bg/Dna)

472 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua