Ketua KPK Akan Mengawasi Secara Ketat Dana Desa

SURABAYA - analisapost.com | Maraknya terjadi penyelewangan dana desa maka perlu pengawasan yang ketat. Maka dari itu KPK mempunyai program desa antikorupsi yang di adakan di Islamic Centre Surabaya.(14/9/22).

Ketua KPK bersama Gubernur Jatim, (Foto: Charles)

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.


Selain itu hampir seluruh Kepala Desa di Kabupaten Kota Provinsi Jatim ikut menghadiri acara tersebut. nampak pula Ketua DPRD Jatim Kusnadi.


Sebelum di mulai Analisa Post sempat melakukan wawancara dengan salah satu Kades Puriyono yang berasal dari Trenggalek, mengatakan, "Kami sangat berterima kasih dengan adanya soasialisasi dan bimbingan teknis terkait program desa antikorupsi dari KPK." ujarnya

Kades Puriyono, (Foto: Charles)

"Ini sangat berharga bagi desa serta ini yang di harapkan. Jangan sampai ada hal-hal yang menyimpang di desa. Oleh sebab itu sebagai langkah dan upaya preventif dari KPK untuk memberi pemahaman bagi desa-desa di seluruh Jawa Timur." jelasnya

"Harapannya adanya program ini kita selalu di bimbing baik dari institusi PMD berikut di Kementerian Desa harus ada penyuluhan secara langsung ke desa-desa terkait penataan usaha keuangan." imbuhnya.


Adanya program positif bisa menjadi pembelajaran bagi desa dalam memanfaatkan anggaran sesuai fungsinya.


Melalui Ketua KPK Firli Bahuri di sampaikan, "Pertama hari ini saya berada di Jawa Timur dalam rangka pencanangan desa anti korupsi.Kita sungguh berharap bersama Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Kita sama sama mengawali pemberantasan korupsi di desa."Jelasnya

Nampak para pejabat berikut Gubernur, (Foto: Charles)

"Karena kita berharap dari desa kita dapat bersihkan praktek - praktek korupsi. Tentu KPK terus melakukan bimbingan kepada perangkat desa maupun Kepala Desa. Baik itu penyusunan rencana anggaran, pelaksanaan anggaran maupun pertanggung jawaban anggaran itu sendiri." tegasnya


"Tadi saya dapat laporan dari Ibu Gubernur kita sungguh berbahagia karena dana desa tidak hanya di gunakan untuk pembangunan infrastruktur tetapi juga sudah di gunakan untuk mengembangan dunia usaha." terangnya yang disampaikan disela-sela kegiatan.


Perlu diketahui ada beberapa desa yang menghasilkan dan meningkatkan pendapatan daerah khusus desanya.


Sedangkan dari sisi pengawasannya KPK bekerjasama dengan Kementerian Desa beserta pemerintahan dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri berikut Kementerian Keuangan untuk melakukan bimbingan teknis kepada Para Kepala Desa.


Hari ini hadir secara fisik 300 Kepala Desa. dan secara virtual nampak seluruh Kades di Jawa Timur yang berjumlah 7721 orang mengikuti program sosialisasi.(Che)



Dapatkan upadate berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#kpk #khofifahindarparawansa #firlibaruri #danadesa

142 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua