top of page

Komunitas Trash Hero Biak Gelar Aksi Bersih Sampah Plastik

BIAK - analisapost.com | Dalam rangka momentum Gerakan Sejuta Pohon yang jatuh pada tanggal 10 Januari 2023, Komunitas Trash Hero Biak melakukan Aksi Bersih Sampah Plastik di sepanjang pantai Wisata Selancar Kampung Wafor Kabupaten Supiori Provinsi Papua.

Komunitas Trash Hero Biak melakukan Aksi Bersih Sampah Plastik di sepanjang pantai Wisata Selancar Kampung Wafor Kabupaten Supiori Provinsi Papua.(Foto: Ist)

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat di kawasan Wisata Selancar Kampung Wafor untuk menjaga destinasi wisata tetap bersih dari sampah plastik sekaligus mengajak masyarakat menjaga kebersihan pesisir pantai di lingkungan kawasan hutan mangrove.


Keterlibatan mereka adalah bagian yang sangat penting dalam memberikan edukasi kepada anak-anak sejak usia dini agar selalu membuang sampah pada tempatnya dan tidak harus membuang sampah plastik ke laut.


Hal ini juga disampaikan oleh sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Supiori sekaligus sebagai Koordinator Komunitas Trash Hero Biak, Jack M Rumbekwan,SE.Par kepada awak media Analisa Post saat dikonfirmasi melalui telephon.


"Kami mengadakan kegiatan ini tujuannya adalah dalam rangka momentum 10 Januari yang di tetapkan sebagai gerakan sejuta pohon, sekaligus untuk sosialisasi secara langsung kepada masyarakat agar tidak membuang sembarangan dan menjaga hutan mangrove," ujarnya.

"Dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Supiori bersama komunitas Trash Hero Biak serta anak-anak sekolah dari beberapa SD bersih-bersih pantai merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga kebersihan," jelasnya.


Komunitas Trash Hero Biak salah satu Chapter dari Trash Hero Indonesia berpusat di Bali juga menjadi salah satu anggota dari Trash Hero World yang berbasis di Swiss, diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut dan juga mengurangi pemakaian plastik sekali pakai agar tidak berdampak pada kerusakan ekosistem kawasan hutan mangrove.

Dengan adanya sadar wisata sebagai konsep partisipatif seluruh masyarakat, jika terwujud diyakini mampu meningkatkan kesejahterahaan rakyat.


Lanjut disampaikan, "Saya selaku Koordinator Trash Hero Biak juga berharap adanya Bank Sampah di masing-masing wilayah kabupaten Biak untuk memudahkan masyarakat memilah-milah sampah yang terkumpul didaur ulang sebagai souvenir, pupuk kompos dan lain-lain sehingga tidak berakhir ke pantai. Dengan demikian 7 Sapta Pesona seperti aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan bisa terwujud karena sangat penting," tutupnya mengakhiri perbincangannya bersama awak media Analisa Post melalui telepon genggam.



Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

#trashherobiak #kabupatensupiori #KampungWafor

25 tampilan0 komentar
FLayer web.png
bottom of page