top of page

Libatkan Warga Non Muslim, TPHQ Masjid SSNR Berkurban 39 Sapi

Diperbarui: 30 Jun 2023

SIDOARJO - analisapost.com | Ribuan masyarakat, Kamis (29/6/2023), menyerbu Masjid Siti Suci Nur Rohmah (SSNR) Magersari Sidoarjo untuk menerima daging kurban.

 untuk Idul Adha 1444 Hijriyah menjelang deadline bisa mencapai 39 ekor sapi
Suasana Idul Adha 1444 Hijriyah menjelang deadline bisa mencapai 39 ekor sapi (Foto: Istimewa)

Sudah menjadi agenda rutin, melalui program tabungan kurban, Masjid SSNR dalam tiga tahun terakhir mampu menyembelih hewan sapi kolektif 36 ekor, untuk Idul Adha 1444 Hijriyah menjelang deadline bisa mencapai 39 ekor sapi, empat diantaranya 4 sapi Limousin dan 18 kambing.


Menurut Ketua Takmir Masjid SSNR H. Makin Rahmat dan Ketua PHBI H. Triharjoko, MPd, antusias jemaah dan warga mengikuti program Tim Pengadaan Hewan Qurban (TPHQ) tabungan kurban tidak lepas dari keguyuban, kebersamaan dan niat mensyukuri rejeki untuk berbagi.


"Jujur, kami sempat deg-degan, dua Minggu sebelum pelaksanaan, jumlah peserta masih terkumpul 18, sehingga jauh dari target. Alhamdulillah, berkat kegigihan panitia khususnya Abah Bahar, ternyata bisa melebihi tahun sebelumnya,"ungkap Abah Rahmat, sapaan Ketua Takmir.


Lanjut Abah Rahmat bersama Ketua RW 07 Kelurahan Magersari, David Eko, antusias dan kebersamaan warga kunci suksesnya kegiatan. Selain ibu-ibu muslimat dan PKK, warga non muslim juga guyub membantu.


"Kami memang mengutamakan kebersamaan dan keberagaman adalah hal yang indah kalau saling toleransi. Khan, sudah saling memahami mana yang boleh dan hal yang tidak harus dilakukan, seperti ibadah maghdlo, sholat, puasa dan seterusnya," ulasnya.


Dari pantauan media ini, mulai pukul 11.00 WIB, warga dari luar kota seperti Pasuruan, Mojokerto, Wonoayu Sidoarjo, dan daerah sekitar Sidoarjo kota berdatangan. Usai Dzuhur, sekitar 750 warga sudah memadati halaman masjid.


"Hampir tiap kegiatan juga menyokong keberadaan PKL sehingga warga ada peningkatan ekonomi. Alhamdulillah, walau sempat gaduh karena berebut masuk hingga pagar gerbang masjid jebol akhirnya bisa terkendali dan lancar,"pungkasnya.


Informasi lain, TPHQ Masjid SSNR memang lebih kompak dalam pelaksanaan program rutin, termasuk support warga, seperti takbir keliling dan peringatan hari besar Islam lainnya.


Untuk Idul Adha pada saat pandemi malah jumlah yang berkurban membludak, 2020 bisa mencapai 41 ekor sapi. Tahun 2022 menjadi 36 sapi dan puluhan ekor kambing.(*)

175 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page