top of page

Mahasiswa Mancanegara Kunjungi Kampung Ondomohen Surabaya

Diperbarui: 2 Jul 2023

SURABAYA - analisapost.com | Kampoeng Wisata Edukasi Oase Ondomohen RT 08 RW 7 Kelurahan Ketabang, Genteng Surabaya, mendapat kunjungan sebanyak 11 orang Mahasiswa dan Dosen dari Saint Louis College (SLC) Bangkok-Thailand berjumlah 4 orang, Saint Louis University (SLU) Philippines sebanyak 2 orang dan 5 orang dari UKWMS, dipimpin oleh Dosen Koord. Bidang minat psikologi Sosial, Dr.F.Dessi Chistanti, M.Si dan Dekan Fakultas Psikologi Agnes Maria Sumargi.,Grad.Dip.Ed.,M.Psych.,Ph.D. Sabtu (01/07/23)

Mahasiswa Bangkok-Thailand mencoba membuat bibit tanaman
Mahasiswa dari Bangkok-Thailand diberikan pengenalan teknik pembibitan tanaman diatas sabut kelapa yang telah diolah (Foto: Div)

Kegiatan kunjungan ini dilaksanakan selama 1 hari. Rombongan Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya di terima oleh Ketua kampung Wisata Oase ondomohen, Mus Mulyono didampingi Endang Sriwulansari, SE sebagai Ketua Kampung Sayur Oase Ondomohen dan Kemal Jamaludin,S.Sos.,MM sebagai penerjemah.


Sebagai Ketua kampung Wisata Oase ondomohen, Mus Mulyono dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya atas kesempatan untuk menerima kunjungan mahasiswa dari luar negeri.


"Suatu kehormatan dan kebahagian karena kemitraan kami dengan kampus khususnya Widya Mandala tetap berjalan mulai awal tahun sampai saat ini. Berharap selanjutnya bisa bersama-sama mempunyai program untuk memajukan kampung Oase Ondomohen yang sustainable berkelanjutan dan djuga dengan dukungan pemangku wilayah kami di Kelurahan Ketabang," ujarnya.

Team Kampung Wisata Oase Ondomohen saat memberikan edukasi
Team Kampung Wisata Oase Ondomohen saat memberikan edukasi (Foto: Div)

Sementara Agnes Maria Sumargi.,Grad.Dip.Ed.,M.Psych.,Ph.D. Dekan Fakultas Psikologi UKWMS menyampaikan bahwa faktor psikologis masuk ke dalam prilaku dan harus dipahami oleh setiap pihak yang ada di dalam industri pariwisata.


Psikologis wisatawan selaku konsumen adalah proses intern seseorang yang ada dalam diri konsumen mulai dari motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran dan kepribadian memiliki pengaruh yang sangat kuat.


"Kami dari Widya Mandala berterima kasih karena sudah mendapatkan sambutan yang hangat. Kami menemukan mitra karena dalam mata kuliah, ada psikologi lingkungan, di mana kami juga belajar dari sisi psikologinya. Kita bisa berkolaborasi untuk kedepannya baik itu mengundang sebagai kuliah tamu di kelas atau mungkin juga dengan kunjungan-kunjungan," jelasnya kepada awak media AnalisaPost saat di konfirmasi tujuan kedatangannya.


Dari pantauan awak media AnalisaPost, pesona gang cilik yang terletak di jantung kota Surabaya mampu menarik perhatian rombongan Field Visit Mahasiswa Psikologi Philippines and Thailand, tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Mereka terlihat sangat antusias sejak pagi sudah berada di lokasi membuat Ecobang di training oleh Novita Rahayu Purwaningsih, seorang Fashion Designer Jawa Timur, kemudian dilanjutkan dengan berkeliling ke kampung didampingi Endang Sriwulansari,SE, melihat pengelolaan sampah organik dengan Maggot Black Soldier Fly (BSF) yang disampaikan oleh Rusmiatin, Water Treatment IPAL Gendong oleh Yuwono, Demo inovation Solar Cell, hingga Briket Organik dan Ecobrick.

Rombongan Field Visit Mahasiswa Psikologi Philippines and Thailand, disambut dengan suka cita
Rombongan Field Visit Mahasiswa Psikologi Philippines and Thailand, disambut dengan suka cita (Foto: Div)

Dalam kegiatan ini turut hadir Lurah Ketabang Domy Wahyu Nugroho, S.STP., M.PSDM, Ketua RW 07 Ketabang, Ketua PERBANUSA DPD Jawa Timur, Kabid Ekonomi Kreatif DPP IFTA Jelajah Indonesia, Sekjen dan Pengurus Pencinta Anggrek Indonesia (PAI) cabang Surabaya Raya, Bapak Antok yang di tutup dengan pemberian cinderamata dan makan bersama. (Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page