Membangun Rasa kepedulian Terhadap Lingkungan Bersama Komunitas Muda-Mudi Surabaya
top of page

Membangun Rasa kepedulian Terhadap Lingkungan Bersama Komunitas Muda-Mudi Surabaya


Foto : Charles

SURABAYA- analisapost.com | Berawal dari keresahan Zubaidullah karena melihat banyaknya pemuda pemudi di masa sekarang ini yang lebih banyak menghabiskan waktu mereka bermain gawai pintar ataupun gim online, sehingga cenderung acuh terhadap lingkungan di sekitarnya, membuat dirinya tergerak untuk membentuk sebuah komunitas peduli lingkungan, yang di dalamnya berisi orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda tetapi memiliki satu tujuan sama, yaitu untuk mengupayakan bagaimana lingkungan di sekitar mereka tidak tercemar dan tetap terawat, akhirnya terbentuklah Komunitas Muda-Mudi Surabaya (KMS).


Komunitas Muda-Mudi Surabaya juga tidak hanya berada di Surabaya, anggota KMS sendiri sudah tersebar di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Bangkalan, Madiun, Kediri, Sidoarjo, dan Gresik. Dalam membuat program kerjanya, KMS cenderung santai tetapi tetap berbobot dan menghasilkan sesuatu. Saat program kerja sudah terbentuk, maka akan ditentukan siapa yang akan menjadi penanggung jawab program dan dalam pengerjaannya pun semua anggota KMS terlibat. Beberapa program yang menjadi fokus utama KMS antara lain; pengelolaan limbah jelantah, limbah popok bekas, limbah organik sampah rumah tangga, dan memfungsikan lahan sempit sebagai tempat bercocok tanam. Tidak hanya fokus terhadap lingkungan, KMS juga berfokus pada sosial, mereka memberikan pelatihan gratis untuk masyarakat dhuafa, disabilitas, yatim-piatu, dan masyarakat terdampak Covid-19.


Untuk dapat menjangkau masyarakatnya sendiri, KMS biasanya diundang oleh RT/RW suatu wilayah untuk mendampingi kampung tersebut sampai mengedukasi masyarakatnya. Dalam mengedukasi masyarakatnya pun KMS mengalami banyak hambatan, seperti susahnya menumbuhkan rasa cinta lingkungan pada anak muda sekarang karena kebanyakan dari mereka ingin hasil yang instan.



Foto : Charles

Mindset tersebutlah yang ingin diubah, karena menurut KMS sendiri jika kita benar-benar berusaha dan terbukti membawa dampak yang baik untuk masyarakat maka dengan sendirinya ‘support’ dari lembaga/pemerintah itu pasti datang.


Jika ingin mendapatkan edukasi langsung dari KMS, dapat menghubungi melalui hotline 0857-3008-5158 atau mengunjungi laman instagram di https://www.instagram.com/kms.officiall/ untuk mengetahui info terbaru dari KMS. (Hana)

119 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page