top of page

Merawat Kearifan Lokal Menuju Sidoarjo Sebagai Kota Budaya

Diperbarui: 6 Sep 2022


Editor: Divna Reporter: Charles


SIDOARJO - analisapost.com | Dewan Kesenian Sidoarjo biasa di sebut Dekesda, menggelar Festival Seni Munali Patah yang di laksanakan selama 7 hari Minggu-Sabtu tanggal 4-10 September 2022 di jalan Erlangga 67 Sidoarjo.

Dengan tema "Merawat Kearifan Lokal Menuju Sidoarjo Sebagai Kota Budaya" diharapkan melalui kegiatan ini mampu melestarikan nilai-nilai seni dan budaya Indonesia.


Disamping itu diharapkan masyarakat lebih mengenal dan paham akan sejarah sebagai akar serta karekteristik tiap daerah salah satunya adalah tari Remo.


Seperti yang disampaikan oleh ketua panitia Festival Munali Patah 2022, Mulyono Muksin yang kerap di panggil Cak Mul menyampaikan kepada awak media Analisa Post di sela- sela kegiatan.


"Munali Patah merupakan tokoh pendobrak Sidoarjo sebagai Maestro tari Remo." Ujarnya


"Banyak dari kita tidak mengerti tentang asal muasal tari ngremo khas Sidoarjo yang di ciptakan oleh Bapak Munali Patah." Jelasnya

Sementara salah satu pengurus Dekesda, Usdek menyampaikan keprihatinannya atas apa yang di rasakan sebagai seorang seniman.


"Dengan adanya festival Munali Patah, berharap Sidoarjo punya ikon sendiri dan punya produk khas Sidoarjo."ungkapnya.


"Oleh karena itu, Dekesda ingin megangkat seni budaya yang ada di Sidoarjo. Namun sayang pemerintah tidak ada suport untuk teman-teman seniman. Pemerintah hanya peduli kepada UMKM sementara seni budaya di abaikan." Ceritanya kepada awak media.


Lanjut disampaikan,"Sebenarnya mereka para seniman dan budayawan punya power juga. Bahkan sangat besar. Kami merasakan dianak tirikan antara seni budaya dan UMKM."tuturnya dengan wajah sedih.


Masyarakat berharap pemerintah mau memperhatikan keberadaan teman-teman seniman dan budayawan. Dengan festival ini salah satu cara memperlihatkan bahwa seni budaya punya andil dan punya power.


Dalam hal ini dari dewan kesenian memberikan apresiasi kepada Munali Patah dengan tiap tahun memberikan penghargaan rutin kepada 5 seniman


Ada 5 kategori atau kandidat yang berasal dari Sidoarjo mendapat penghargaan yang akan di umumkan pada tanggal 10 Srptember di Mall Pelayanan Publik Sidoarjo


Kegiatan ini di hadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Sidoarjo, perwakilan dari Museum Empu Tantular. (Che/Dna)


Dapatkan berita terkini dari analisapost.com


59 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page