Pangdam I/BB Beserta Kapoldasu Mengharapkan Penghitungan Suara Ulang 3 Kabupaten Berjalan Aman

Diperbarui: 24 Mar


Foto : Humas

LABUHANBATU - analisapost.com | Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, SIP, MM dan Kapoldasu Irjen Pol. Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si, himbau kepada masyarakat agar pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan mesti berlangsung sukses.


Hal ini ditegaskan Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB, pada Kegiatan Kunjungan Kerja dalam rangkaian pengecekan kesiapan TNI/Polri terhadap konsentrasi pengamanan PSU dimaksud yang akan di gelar serentak tanggal 24 April 2021 mendatang.


“Pesan saya kepada masyarakat, mari sama-sama menciptakan PSU yang baik, aman dan lancar untuk masyarakat. Serta, mari mendukung TNI dan Polri sehingga prosesi Pemungutan Suara Ulang yang aman, lancar, baik dan kondusif,” pinta Pangdam.


Disamping itu, Kapoldasu Irjen Pol. Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si, menegaskan, kedatangan mereka di dua Kabupaten tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan serta terkonfirmasi dan terinformasinya masyarakat tentang pelaksanaan PSU pada tanggal 24 April 2021 nanti.

Foto : Humas

“Kami mengharapkan pelaksanaan PSU nantinya dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar tanpa ada gangguan sekecil apapun. Harapan saya, Forkopimda Prov, Forkopimda Kabupaten , Kecamatan hingga ke Desa harus saling bersinergi dalam mensukseskan PSU ini,” himbau Kapoldasu.


Kepada Dandim 0209/LB dan Kapolres Labuhanbatu, Irjen Pol. Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si, berpesan agar tetap menjaga netralitas serta menegaskan pelaksanaan PSU di dua Kabupaten dapag terlaksana dengan baik sebagaimana yang diharapkan.


“Kalau kita (TNI-Polri) sudah menyatu, maka semua masalah pasti akan dapat terselesaikan dan Kepada kita semuanya, tetap jaga kesehatan masing-masing. Saya berharap, Pemungutan Suara Ulang (PSU) dapat berjalan sesuai mekanisme yang ada baik di tingkat TPS, PPK dan KPU,” harap Kapoldasu.


Pada kunker tersebut, kedua Jenderal ini tampak didampingi Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Pujalaksana, Asops Kasdam I/BB Kolonel Inf Kristomei Sianturi, S.Sos,M.Si (Han), Dirkrimsus Poldasu Kombes Jhon Charles Edison Nababan, Kabid Propam Poldasu Kombes Donal P. Simanjuntak, Dir Intelkam Poldasu Kombes Pol Dwi Indra Maulana SIK, dan Kasmin Pangdam I/BB Mayor Inf Fernando Batubara.


Tinjau TPS

Dalam kesempatan itu pula, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, SIP, MM dan Kapoldasu Irjen Pol. Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si, beserta rombongan, melakukan peninjauan kesiapan pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti di PT. Perkebunan Torganda Sibisa Mangatur Kecamatan Torgamba Kabupaten Labusel, dan TPS 007 yang berada di Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.


Kembali, Kapoldasu mengemukakan, bahwa untuk wilayah Polda Sumut Pemungutan Suara Ulang (PSU) saat ini ada di Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan Kabupaten Madina. Maka dari itu, dia menghimbau kepada masyarakat agar tidak usah takut pada perhelatan ini, PSU dipastikan berjalan aman dan kondusif.


“Untuk penambahan personil pengamanan nantinya, kita turunkan personil dari Polda Sumut dan Brimob. Saya menghimbau kepada masyarakat, mari kita hormati hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU). Apapun hasilnya nanti, kalau ada yang mengganggu akan saya tindak,” tegasnya.

Foto : Humas

Disisi lain, terkait rumor tentang permasalahan pilkada di PT Torganda, akhirnya terjawab. Dimana, pihak manajemen secara langsung menjelaskan bahwa adanya tudingan intimidasi terhadap karyawan untuk memilih salah satu Paslon, itu tidak benar.


“Sampai saat ini, pihak perusahaan tidak pernah mengarahkan karyawan PT Torganda untuk memilih salah satu Paslon, dan perusahaan tidak pernah mencapuri urusan politik karyawan,” terang Sabar manik, GM PT Torganda Sibisa Mangatur.


Kata dia, kehadiran kedua pimpinan TNI/Polri di wilayah Sumut inipun, memberikan angin segar terhadap perbaikan situasi politik di wilayah setempat. Dimana, suhu politik yang sebelumnya cukup panas akibat rumor ‘intimidasi karyawan’ tersebut, kini sudah kembali mereda dan terjawab bahwa itu sama sekali tidak benar.


Kendati demikian, Kapoldasu tetap memerintahkan agar Dandim 0209/LB dan Kapolres Labuhanbatu, dapat membuat strategi terbaik dalam prosesi pengamanan PSU mendatang.

“Kapolres dan Dandim silahkan melakukan razia. Saya sudah lapor kepada Panglima, untuk dipasang tenda di pintu masuk dengan tujuan agar masyarakat melihat Polisi dan TNI siap mengamankan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di wilayah hukum Labuhanbatu,” sebut Kapoldasu.


Kunker Pangdam I/BB dan Kapoldasu tersebut, disambut oleh Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M.Tr (Han), Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK, MH, Danyonif 126/KC Letkol Inf Dwi Widodo, S.H, M. Han, Kasdim 0209/LB Mayor Arh Muji Santoso, Kabag Ops Polres Labuhanbatu Kompol Marluddin, Para Perwira Kodim 0209/LB, Dansubpom I/1-2 Rantauprapat Kapten Cpm Hendrik, dan jajaran Perwira Polres Labuhanbatu.


Sebagai informasi lainnya, kegiatan pengecekan lokasi TPS untuk wilayah Kabupaten Labusel, Pangdam I/BB dan Kapoldasu menggunakan transportasi udara berupa Heli jenis Bell 429/P -3203 melalui Lapangan Kipan C Yonif 126/KC. “BERSAMA KITA BISA BERBUAT YANG TERBAIK”.(Edi)

13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua