Pelaksanaan Kurban Yang Sehat Dan Aman Dalam Situasi Wabah PMK
top of page

Pelaksanaan Kurban Yang Sehat Dan Aman Dalam Situasi Wabah PMK

SIDOARJO - analisapost.com | Dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha dimana akan dilakukan penyembelihan qurban berupa kambing dan sapi, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Cabang Sidoarjo bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) menyelenggarakan webinar untuk masyarakat berjudul *Pelaksanaan Kurban yang Sehat dan Aman dalam Situasi wabah PMK.* (19/6/22).

IKA Unair Cabang Sidoarjo bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia ( PDHI) menyelenggarakan webinar untuk masyarakat (Foto: Istimewa)

Tema ini diambil setelah munculnya issue wabah Penyakit Mulut & Kuku (PMK) yg sangat merisaukan masyarakat. Informasi yang benar sangat diperlukan agar masyarakat Muslin dapat melaksanakan penyembelihan hewan kurban tanpa rasa khawatir hewan kurbannya terserang PMK.


Webinar menampilkan narasumber yang kompeten yaitu Prof. Dr. Suwarno, drh, MSi adalah alumni Unair dan Ketua PDHI Jatim 1 dan drh. Tony Hartono, M. Kes yang juga alumni Unair sekaligus menjabat sebagai Kepala Bidang Produksi Peternakan Dinas Pangan & Pertanian Kabupaten Sidoarjo.


Peserta sangat antusias, dan berasal dari kalangan takmir masjid, pemilik peternakan, penjual ternak dan calon pembeli hewan korban.


Berbagai pertanyaan seputar PMK dan tata cara pemnyembelian hewan korban banyak dilontarkan kepada narasumber.


Suwarno menyampaikan dengan adanya issue wabah PMK maka masyarakat tidak perlu terlalu cemas dan risau.

Ketua Panitia dari Divisi Pemberdayaan Masyarakat & Tanggap Lingkungan

"Yang penting tetap waspada dan mengikuti prosedur penyembelihan dan penanganan hewan kurban. Ikuti kebijakan baru yang sudah ditetapkan pemerintah, maka masyarakat akan aman dalam mengkonsumsi hewan kurban," imbuh Suwarno.


Selanjutnya Tony Hartono juga menyampaikan bahwa pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru mengenai persyaratan hewan kurban, tempat penjualan dan juga tempat pemotongan.

Panitia penyelenggara dari Divisi Pemberdayaan Masyarakat & Tanggap Lingkungan IKA Unair, (ki-ka) Wardoyo, Epipit, Silviana, Izzatul Aini, Tony, Dian Rachmawati, Bowo.

"Selain itu, tata cara pemotongan dan penanganan limbah kurban pun diatur dalam kebijakan yang baru" ujar Cak Tony, panggilan akrabnya.


Pelaksaan webinar ini diketuai oleh Kartiko Adi Wibowo S.Sos dari Divisi Pemberdayaan Masyarakat & Tanggap Lingkungan IKA Unair Cabang Sidoarjo dan dipandu oleh moderator Dian Rachmawati yg mampu menyegarkan suasana sehingga diskusi lebih hidup.

(Juki/Che)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

106 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page