RSDLB/RI-OTG Mewisuda Dua Penyintas Covid-19
top of page

RSDLB/RI-OTG Mewisuda Dua Penyintas Covid-19

BANGKALAN - analisapost.com | Untuk pertama kalinya Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan / Rumah Isolasi Orang Tanpa Gejala Provinsi jawa Timur (RSDLB/RI-OTG) melaksanakan “wisuda” pasien covid-19. Setelah direaktivasi pada 8 Februari 2022 RSDLB terus menerima pasien. Rabu(16/02/22)

Dua pasien telah melewati masa perawatan dan isolasi selama 5 hari dan telah menjalani tes swab PCR dengan hasil negatif.(Foto: Ist)

Hari ini dua pasien telah melewati masa perawatan dan isolasi selama 5 hari dan telah menjalani tes swab PCR dengan hasil negatif. Dengan demikian sesuai dengan Terbaru KMK No. HK.01.07-MENKES-243-2022 ttg Manajemen Klinis Tata Laksana COVID-19 di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, mereka dinyatakan sembuh dan diperkenankan kembali kerumahnya masing-masing serta menjalanai isolasi tambahan selama 3 hari untuk memastikan semua dalam keadaan aman, serta tidak membahayakan lingkungan sekitar.


Mayor Ckm Sumardi S.Kep., Ners. M.M., M.Kes. Koordinator Pelayanan Penunjang Umum RSDLB menyatakan bahwa pasca reaktivasi, hingga saat ini (16 Februari 2022 Pkl. 12.30 WIB) pihaknya telah menerima pasien sebanyak 43 orang terdiri dari 30 laki-laki dan 13 perempuan. Dengan diwisudanya dua orang penyintas covid-19 hari ini, maka RSDLB saat ini masih merawat 41 pasein.


Kapasitas RSDLB saat ini 380 bed, sehingga masih cukup longgar untuk menerima pasien. RSDLB menerima pasien dengan kriteria OTG (Orang Tanpa Gejala) dan gejala ringan. Semua WNI yang sudah terkonfirmasi positif PCR, berusia dibawah 60 tahun dan bisa mandiri dapat langsung masuk, dengan terlebih dahulu mengirimkan foto KTP dan hasil swab positif ke Call Center RSDLB 081332434363. Juga mengisi biodata pasien di https://bit.ly/DaftarPasien RSDLB



Masyarakat yang terkena covid-19 bisa memanfaatkan fasiltas gratis dari Pemprov Jatim tersebut. Apalagi dengan adanya SE Kemenkes No. HK 02.02/II/982/2022 bagi yang terkonfirmasi reaktif (positif) antigen-pun sudah bisa dilayani, selama keterisian bed masih ada dan pasien lain bergejala, tidak banyak yang inden masuk.


Pasien akan dilayani dengan baik, mendapatkan asupan makanan bergizi dan fasilitas pemulihan yang beragam dan menyenangkan. Lokasinya persis sisi kiri ujung jembatan Suramadu bagian Madura, jadi relatif dekat dari Surabaya. Bisa diakses di https://maps.app.goo.gl/D4iiA35A8t8igmjRA


Dari data Relawan Pendamping pada Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan (PPKPC-RSDLB) yang disampaikan oleh Radian Jadid (Ketua Pelaksana PKPC-RSDLB, dua orang pasien yang wisuda hari ini salah satunya adalah pasien klaster kantor, sudah pernah kena covid dan sudah vaksin 1, 2 dan booster.

Sedangkan satu lagi belum pernah kena covid, sudah vaksin sinovac 1 dan 2, tapi belum dapat vaksin booster. Keduanya mengalami gejala ringan dan berasal dari Surabaya. Saat ditanya tentang layanan yang diberikan RSDLB, keduanya menyatakaan puas, makannya enak dan sangat berterima kasih atas segala fasilitas dan perawatan yang telah diberikan oleh paranakes dan relawan serta semua personil yang ada.


Dari 42 pasien yang ditangani RSDLB saat ini, selain dari klaster keluarga, saat ini mulai didominasi klaster institusi, dan perusahaan. “Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan 6M dengan benar dan konsisten serta menjalankan vaksinasi dosis 1, 2 dan boster guna mengantisipasi serangan covid-19 maupun perparahan apabila terpapar. Semoga pandemi covid-19 segera berakhir.”pungkas Jadid.(Dna)

391 tampilan0 komentar
bottom of page