Satpolairud Polres Situbondo Sambang Nelayan Informasikan BMKG Terkait Cuaca Ekstrim Sepekan Kedepan
top of page

Satpolairud Polres Situbondo Sambang Nelayan Informasikan BMKG Terkait Cuaca Ekstrim Sepekan Kedepan

SITUBONDO - analisapost.com | Satpolairud Polres Situbondo menanggapi informasi cuaca yang dirilis BMKG bahwa sepekan ke depan akan terjadi cuaca ekstrim yakni hujan sedang dan lebat. Untuk hari ini, peringatan dari BMKG bahwa kecepatan angin 23 knot (43 km/jam) dan ketinggian gelombang laut antara 0.8 - 2.5m. Antisipasi dilakukan dengan menyambangi masyarakat pesisir Kalbut dan Panarukan, Selasa (18/1/2022).

Foto : Fia

Kasat Polairud Polres Situbondo, AKP Hari Pamuji, SH menyampaikan data yang dirilis BMKG bahwa ter-identifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan mulai sedang hingga lebat dalam periode sepekan ke depan mulai tanggal 17-22 Januari 2022 di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk di provinsi Jawa Timur.


“Ini merupakan sebuah peringatan dini untuk kita, khususnya kepada para nelayan yang sering beraktivitas di laut harus selalu waspada dengan memantau perkembangan cuaca yang di keluarkan oleh pihak BMKG", ujarnya.


Tak hanya itu, AKP Hari Pamuji juga mengimbau kepada nelayan yang hendak melaut untuk terlebih dahulu memeriksa kembali kondisi kapal atau perahu yang digunakan, mesin serta bahan bakar cadangan, selalu menggunakan life jaket, membawa alat navigasi, dan melihat cuaca sebelum berlayar sebagai upaya antisipasi dini hal-hal yang tidak diinginkan.


“Dalam sambang nelayan dan warga pesisir tersebut, personil juga mengingatkan terkait keselamatan nelayan saat melaut dengan cek kondisi kapal dan peralatan keselamatan." Imbuhnya.


Tidak hanya mengingatkan terkait cuaca dan keselamatan di laut, personil Satpolairud juga mengimbau masyarakat nelayan untuk menerapkan protokol kesehatan khususnya memakai masker saat beraktifitas di luar rumah untuk pencegahan penyebaran Covid-19. (Fia)

15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page