Sedekah Bumi, Lestarikan Tradisi dan Angkat Ekonomi
top of page

Sedekah Bumi, Lestarikan Tradisi dan Angkat Ekonomi

PASURUAN - analisapost.com | Sedekah Bumi di Desa Lumbang Kecamatan Lumbang tahun ini berlangsung meriah, beberapa ancak dari jajanan dan makanan khas juga di sediakan ratusan Durian berbagai jenis dan ukuran.Kamis (24/02/22)

Acara sedekah bumi desa Lumbung, Pasuruan

Kegiatan sedekah bumi ini adalah bagian dari ungkapan rasa syukur masyarakat dan tidak ada unsur yang bertentangan dengan kaidah agama. Acara yang diawali dengan pergelaran reog Singo Mudo Budoyo, juga dihibur dengan kesenian tradisional Tayub ini berjalan dengan tertib sesuai protokol kesehatan.


Sebelum acak tersebut di lakukan, warga terlebih dahulu berdoa menurut agama dan kepercayaanya masing-masing, dengan tujuan agar mendapatkan ridho dari Tuhan. Barulah setelah itu, warga diperkenankan untuk mendekati ancak, sembari menunggu aba-aba perebutan ancak.


Sukarsih, Kepala Desa Lumbang mengatakan jika acara ini digelar setiap 2 tahun sekali sebagai rasa syukur atas limpahan panen durian di desanya yang terkenal sebagai sentra durian di Kabupaten Pasuruan.


”Ini adalah wujud rasa syukur kami atas berkat rahmat Allah SWT” Ujar Bu Inggih, panggilan untuk Kepala Desa di daerah Lumbang.


Sementara itu, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, Ketua FPK Jatim yang hadir di acara tersebut mengatakan jika, FPK sangat mendukung kegiatan Sedekah Desa tersebut karena hal ini adalah bagian dari Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) Adat Istiadat.


Bahkan acara budaya ini bisa mengontrol ekonomi rakyat dengan banyaknya pedagang di seputar lokasi kegiatan.


”Selain sebagai sarana pelestarian Budaya, acara ini bisa mengangkat perekonomian rakyat dengan banyaknya pedagang kecil yang berjualan” imbuhnya.


Dalam acara tersebut FPK membagikan ratusan masker kepada para pengunjung dan seluruh yang hadir dalam acara tersebut.(Bgg/Dna)

198 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page