Sedekah Bumi Warisan Budaya Yang Wajib Dilestarikan
top of page

Sedekah Bumi Warisan Budaya Yang Wajib Dilestarikan


Foto : Tom

Bojonegoro, Analisa Post | Pemeritah Desa Brangkal Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro menggelar tradisi sedekah bumi yang di gelar di Balai Desa Brangkal pada hari Rabu (04 /8/2021).


Sedekah bumi di kenal di masyarakat Jawa pada umumnya sebagai salah satu tradisi adat sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk dari hasil bumi dan kesehatan serta keselamatan.


Sedekah bumi yang di gelar secara turun temurun tersebut di kemas dengan kegiatan membaca tahlil dan doa.

Foto : Tom

Tujuan diadakan kegiatan ini untuk mendoakan arwah leluhur, orang tua dan kerabat yang telah meninggal dunia. Serta memohon agar masyarakat Desa Brangkal di beri keberkahan, serta seluruh warga masyarakat desa Brangkal di beri kesehatan dan keselamatan.


Upaya pemerintah Desa Brangkal melestarikan budaya dan menjaga kearifan lokal dengan menyelenggarakan agenda tahunan yaitu sedekah bumi atau bersih desa berjalan dengan lancar.


Adapun acara sedekah bumi di setiap desa itu mempuyai hari - hari tertentu yang di sakralkan oleh tiap - tiap desa. Dalam pelaksanaan sedekah bumi atau bersih desa seperti di Desa Brangkal itu di laksanakan pada hari Rabu pahing yang sudah di sakralkan oleh para leluhur sejak dahulu.


Karena acara adat sedekah bumi atau bersih desa sebagai upacara adat yang memiliki makna spirutual di baliknya yang bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat serta riski dari hasil bumi maka untuk itu tradisi adat warisan leluhur ini tetap di (uri - uri) atau di lestarikan.(Tom)

51 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page