Sehat Lewat Aplikasi Kesehatan Berbasis Android
top of page

Sehat Lewat Aplikasi Kesehatan Berbasis Android

KUDUS - analisapost.com | Pandemi membuat begitu banyak perubahan sehingga masyarakat pun harus mengadaptasi kebiasaan baru dari pembelian obat hingga berkonsultasi kesehatan secara online dengan dokter atau petugas kesehatan lainnya.

Salah satu pengguna aplikasi kesehatan, Aries Budi Susanto (42) mengaku, menggunakan Grab Health powered by Good Doctor sejak awal-awal tahun 2020 atau ketika pandemi mulai masuk Indonesia. "Kita bisa beli obat atau vitamin yang kita butuhkan melalui Grab ke apotek yang kita mau dan memang ada barangnya tanpa harus keluar rumah. Ini mengurangi risiko penularan virus, " kata warga Semarang itu,kemarin.


Ia bahkan beberapa kali mencoba membeli obat sewaktu berada di luar kota dan ternyata bisa sehingga benar-benar memudahkan layanannya. Penggunaan aplikasi digital di bidang penanganan penyakit dan kesehatan,menurut Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus),Dr Sayono,relatif belum lama digunakan masyarakat di Tanah Air.Beebeda dengan di luar negeri,aplikasi semacam itu sudah lama populer.


Kalau dilihat dari sisi efektivitasnya memang bisa dirasakan begitu besar. Kedepan pemanfaatannya pasti akan semakin marak. Hal ini mengingat semakin besarnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan seiring kemajuan teknologi informasi.


Sedangkan dari pihak asurasi misalnya, saat ini juga memiliki aplikasi sendiri. Salah satunya "Dokter Leo" dari Generali Indonesia. Layanan ini memungkinkan konsultasi dokter secara online cukup dengan video call, voice call, atau live chat.


"Dengan menggunakan teknologi artificial intelligence,fitur ini mampu melakukan pengecekan gejala serta mendeteksi penyakit dengan lebih akurat berdasarkan gejala awal yang disampaikan," kata CEO Generali Indonesia,Edy Tuhirman.


Menurutnya, fitur "Dokter Leo" tidak hanya memungkinkan pengguna melakukan konsultasi. Pengguna bahkan juga bisa langsung menebus resep,dan obat langsung akan dikirimkan ke rumah.


Adapun pada saat harus dirawat,nasabah juga bisa melakukan pencarian rumah sakit secara online.Demikian pula dengan proses administrasi penyelesaian rumah sakit yang dipermudah dengan adanya fitur-fitur tertentu berbasis online.(Roy)

120 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page