top of page

Stok Darah Plasma Konvalesen Sementara ini Masih Aman


Foto : Charles

Surabaya, Analisa Post | Musim Pandemi belum berakhir. Meskipun PPKM diperpanjang. Membuat masyarakat belum bisa bebas berakvitas.Bagaimana dengan trend donor darah apakah ada peningkatan?


Berdasarkan info yang didapatkan Analisa Post ternyata dimasa pandemi ini memang jumlah pedonor mengalami penurunan. Dengan begitu diharapkan ada kerjasama dengan masyarakat untuk mendonorkan darahnya tapi mematuhi aturan yang diterapkan oleh PMI.


Untuk saat ini stok darah Plasma Konvalesen per hari ini (10/08/21) untuk semua golongan kurang lebih ada sekitar 300. Bagaimana dengan cakupan pendistribusian? Itu semua tergantung permintaan dari Rumah Sakit.


Sama halnya ketika ada permintaan dari Rumah Sakit yang berada diluar kota. Bisa langsung kroscek disini setelah itu dibawa ke Rumah Sakit.


PMI tidak melayani permintaan secara Pribadi. Karena harus ada Dokter yang bertanggung jawab. Dengan adanya Dokter bisa mengetahui pasien ini membutuhkan Darah Plasma Konvalesen atau tidak.


Melihat tren positif penyembuhan di Surabaya. Justru banyak pasien non Covid-19 masuk Rumah Sakit membuat permintaan darah biasa menjadi peningkatan.


Sampai berita ini diturunkan stok Darah Plasma Konvalesen masih aman. Ini disebabkan tingkat kesembuhan cukup tinggi. Membuat penyintasnya ikut berkurang.


Otomatis permintaan untuk darah biasa meningkat. Saat awak media menanyakan bagi yang isoma, Dr martono mengatakan,"Masyarakat yang sudah melakukan isoma selama 14 hari dapat melakukan donor darah. Bisa asal ada bukti hasil swab." Ujarnya


Harapannya masyarakat tetap patuh akan prokes meskipun ada penurunan. "Hal ini harus dijaga." Tegas Dr Martono Adi Triyogo mengakhiri perbincangannya bersama awak media.(Che)




9 tampilan0 komentar
bottom of page