Tanpa Pawai, Takbir Idul Adha Lhokseumawe Bergema di Masjid dan Meunasah
top of page

Tanpa Pawai, Takbir Idul Adha Lhokseumawe Bergema di Masjid dan Meunasah


Foto : Saifudin

Lhokseumawe, Aceh, Analisa Post | Sampai pukul 22.00 Wib, hampir seluruh mesjid dan sebagian Meunasah di Kota Lhokseumawe, Aceh bergema takbir, tidak ada pawai takbir keliling kota seperti biasanya. Senin(19/07/2021)


Tahun ini, takbir keliling kota yang dipusatkan di halaman Mesjid Agung Islamic Centre dan dilepaskan Muspida Plus tidak berlangsung di kota Lhokseunawe, Aceh. Takbir hanya berlangsung di setiap mesjid dan beberapa Meunasah bakda shalat magrib dan insya.


Dari pantauan Analisa Post biro Aceh Saifuddin Saleh pada mesjid Kemukiman Cunda dan Lhokseumawe, selesai shalat insya dengan tertib seluruh jamaah melakukan takbir yang dipimpin imam saat itu.

Foto : Saifudin

Tidak ada mobilisasi massa ke Islamic Centre, karena Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya menyerukan warga melakukan takbir di tempat shalat. Seiring seruan Walikota, Kepala Dinas Syariat Islam Drs. Misran Fuadi, MAP telah melakukan sosialisasi.


Malah Islamic Centre terkesan sangat sepi, di dalam mesjid hanya ada 10 jemaah mengumandangkan takbir. Namun pada pukul 22.30 Wib ada rombongan kecil yang terdiri dari satu truck dan satu mobil melintasi jalan utama Samudera Pasai Raya mengatakan, "Mungkin ini dari kalangan yang tidak sanggup bersabar" kata seorang pengamat, Teuku Nash.


Tetapi tidak menimbulkan gangguan. Sementara puluhan petugas Satgas dari TNI/Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP/WH berjaga-jaga di beberapa sudut kota, sambil mengarahkan para pelintas jalan yang meramaikan kota. Karena Lhokseumawe telah memasuki zona kuning, kafe dan swalayan ada yang buka sepanjang malam, dengan pengawasan ketat dan menerapkan 4 M. Pantauan Media Analisa Post, malam lebaran Idul Adha ini berlangsung tertib.(Sfd)

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page