top of page

Tips Penting Public Relation Dalam Media Online

Penulis: Samuel Sapta Suhartono

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik


Public Relation merupakan fungsi manajemen untuk mencapai target tertentu. Sebelumnya harus mempunyai program kerja yang jelas, rinci, mencari fakta, dan mengkomunikasikan hasil apa yang telah tercapai membangun citra perusahaan di public agar baik dan dapat dipercaya.

Samuel saat bertemu narasumber (Foto: Ivan)

Dalam membangun citra yang baik tidak hanya dengan jangka pendek tetapi dengan long term agar tetap berjalan baik dan berkesinambungan antar perusahaan maupun public.


Peran Public Relation dalam Era saat ini sangat dipertimbangkan karena dengan adanya PR, Perusahaan Media terbantu dalam menjaga citra perusahaan dan citra public agar merasa tertarik dengan apa yang dipaparkan.


Media Online dalam memberikan informasi dan strategi pembangunan citranya, memerlukan PR yang faham banyak hal yang. PR juga wajib mengetahui beberapa strategi agar para pembaca tetap loyal dengan media online yang dilihatnya, membuat para pembaca ini tetap melihat web yang sama tidak berpindah ke media online yang lain.


PR juga harus mengetahui perannya dalam menjalankan kegitannya di media online, mengetahui apa yang harus dilakukan jika dalam instansi kecil atau besar agar citra perusahaan tetap terjaga. Berikut beberapa tips untuk PR dalam Media Online:


1. Memberikan Ide Strategi melalui Akun Media Sosial.

Era Digital mengharuskan semua bidang bisnis bergerak secara online dan akun sosial salah satunya hal ini yang harus dimaksimalkan oleh PR mulai dalam mengelolanya, cara pendekatan yang dilakukan tidak harus secara langsung. Media Sosial memungkinkan pesan dikirim ke segmen yang dipilih dengan disertai feedback sehingga tak bertepuk sebelah tangan. Membangun citra yang baik bagi perusahaan dengan desain yang diberikan agar para pelihat merasa tertarik dengan media ini.


2. Kreatif dalam mengelola Bahasa

Tentunya jika PR dalam media online selalu bertemu untuk menghubungkan Jurnalis dengan instansi yang mengundang. Sebelum membuat berita PR terlebih dahulu untuk meminta ijin pengambilan gambar,video dan mempublikasinya jadi PR tidak diharapkan untuk tidak berani berbicara dengan instansi perwakilan atau malu, juga menjaga citra perusahaan dengan bahasa yang sopan dan baik karena hal itu dapat mempengaruhi citra perusahaan besar maupun kecil.


3. Menjaga Reputasi Online

PR juga menjaga reputasi online dalam perusahaan medianya. Di Era digital ini, menjadi hal yang penting,dalam membangun koneksi, mengatasi krisis komunikasi, dan memperbaiki relasi dengan pembaca/pelihat.


Internet memberi kebebasan untuk para pembaca/pelihat, reputasi media online bisa menurun jika apa yang diberikan tidak sesuai fakta maupun akurat. Jika dari sudut pandang pembaca merasa berita yang dipaparkan kurang,tidak sesuai dengan saat bertemu maka akan beralih ke media online yang memberikan lebih baik, sesuai fakta, dan akurat.


Jadi PR menjaga agar para pembaca ini selalu mendatangi situs web, akun sosial yang dipaparkan, jika reputasi terjaga maka laju perkembangan situs web akan naik begitu juga dengan akun sosial.

41 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page