Tradisi Rokat Desa Gapura Barat Kabupaten Sumenep, Dibanjiri Warga
top of page

Tradisi Rokat Desa Gapura Barat Kabupaten Sumenep, Dibanjiri Warga

SUMENEP - analisapost.com | Rokat Desa merupakan tradisi yang dilaksanakan tiap selesai pemilihan kepala desa. Waktu pelaksanaan tidak ditentukan. Namun, Desa Gapura Barat Kecamatan Gapura melaksanakannya hari ini, Minggu (26/12/21) jam 13.00.


Rokat Desa tidak dilaksanakan oleh kepala desa terpilih secara pribadi. Tetapi Desa yang melaksanakannya. Hal ini merupakan bentuk rasa syukur seluruh masyarakat karena pelaksanaan pemilihan kepala desa berlangsung aman dan damai.


"Rokat Desa merupakan bentuk tasyakuran warga karena pemilihan kepala desa berlangsung aman dan damai tanpa kendala. Tidak hanya itu, di dalam acara ini juga merupakan doa bersama atas keselamatan, keamanan dan kedamaian seluruh masyarakat di desa untuk kedepannya. Jadi, acara ini tidak dilaksanakan oleh kepala desa secara pribadi. Tetapi Desa itu sendiri. Seluruh masyarakat," ucap Susianto Azzaki, S. Sos yang dipasrahi oleh masyarakat untuk memberikan sambutan.


Acara rokat desa ini juga mengundang tokoh masyarakat, pemuka agama untuk memimpin istighosah (Doa permohonan ampunan dan keselamatan). Juga menghadirkan Al-Banjari dalam pembacaan sholawat, serta doa bersama. Semua bertujuan untuk keselamatan seluruh masyarakat. Sehingga seluruh masyarakat berbondong-bondong untuk hadir dalam acara ini. Selain berdoa untuk keselamatan, mereka juga mengharap berkah Kiai atau ulama yang hadir juga untuk menambah ilmu keagamaan.


Pada acara rokat yang dilaksanakan di lapangan Gapura Barat kali ini, tidak hanya warga setempat yang hadir. Tetapi warga desa lain turut hadir. (Luf)

445 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page