top of page

UKWMS dan Taiwan Tingkatkan Kerjasama Pendidikan

Diperbarui: 8 Des 2023

SURABAYA - analisapost.com | Sebagai upaya mempererat hubungan kerjasama yang telah terbentuk, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menggelar reuni yang dihadiri Prof Jia-Yush Yen, President of National Taiwan University of Science and Technologi (NTUST) yang terletak di Taipei, Rabu (6/12/23)

Rektor UKWMS, Drs.Kuncoro Foe,G,Dip.Sc.,Ph.D.,Apt dan Prof Jhy-Chern Liu  Director of Taiwan-Indonesia Science and Technologi Innovation Centre
Rektor UKWMS, Drs.Kuncoro Foe,G,Dip.Sc.,Ph.D.,Apt dan Prof Jia-Yush Yen President of Taiwan-Indonesia Science and Technologi Innovation Centre (Foto: Div)

Sekitar 175 orang hadir memenuhi undangan reuni bersama sejumlah profesor bidang teknik Dekan, Rektor, Wakil Rektor dan dosen-dosen UKWMS, ITS dan Taipei Economic and Trade Office in Surabaya (TETOES) yang merupakan lulusan Taiwan, terus menjalin kerjasama khususnya dibidang pendidikan melalui Asosiasi Alumni Taiwan untuk membuka lapangan kerja di Indonesia khususnya Surabaya.


Pada kesempatan tersebut, Prof Jia-Yush Yen President of National Taiwan University of Science and Technologi memberikan sambutan dihadapan para tamu dan alumni NUTST.


Sementara itu Prof Jhy-Chern Liu Director of Taiwan-Indonesia Science and Technologi Innovation Centre itu mengatakan bahwa, "pendidikan adalah satu diantara concern utama dalam kebijakan luar negeri Taiwan. Bagi mereka pendidikan merupakan investasi yang terbaik karena SDM yang maju akan memicu pertumbuhan ekonomi yang baik," ujarnya.


Menurut Chen, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut tercapai karena para siswa Indonesia yang berada di Taiwan tidak hanya menempuh pendidikan akademik saja. Namun lanjut dia, mereka juga melakukan magang di sejumlah pabrik, dan terlibat dalam kegiatan bisnis," jelasnya.

Prof.Ir.Felycia Edi Soetaredjo, S.T,M.Phil.,Ph.D., IPU.,ASEAN Eng
Prof.Ir.Felycia Edi Soetaredjo, S.T,M.Phil.,Ph.D., IPU.,ASEAN Eng (Foto: Div)

Dalam kesempatan yang sama Rektor UKWMS, Drs.Kuncoro Foe,G,Dip.Sc.,Ph.D.,Apt menjelaskan terkait acara tersebut," kunjungan NTUST dalam gelaran reuni atau gathering ini lebih intensif menawarkan pertukaran mahasiswa terutama di bidang teknik," ungkapnya kepada awak media AnalisaPost.


"Oleh karena itu kami berharap kedepan nanti hubungan antara Taiwan dan Indonesia di sektor pendidikan akan menjadi semakin baik khususnya di bidang pendidikan," ucapnya.


Senada dengan Rektor UKWMS, Kuncoro, Prof.Ir.Felycia Edi Soetaredjo, S.T,M.Phil.,Ph.D., IPU.,ASEAN Eng menambahkan, "tujuannya di adakan kegiatan ini adalah kita kolaborasi dan bersinergi sehingga aplikasi IKM yang dicanangkan oleh pemerintah bisa di lakukan lebih mudah. Dengan diadakannya kegiatan ini, kami bisa berkolaborasi bersama perusahaan lebih banyak sehingga dapat menjembatani lulusan Taiwan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan perusahaan Taiwan yang ada di Indonesia," terangnya.


Jumlah mahasiswa yang belajar terus bertambah ke Taiwan. Universitas Katolik Widya Mandala (UKWMS) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS) merupakan bagian dari mahasiswa yang menempuh pendidikan pascasarjana di Taiwan.


Kerjasama yang diinisiasi oleh Fakultas teknik ini turut melibatkan Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi pangan, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Bisnis serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan disambut sangat antusias.(Dna/Che)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page