Umat Buddha Adakan Puja Malam Waisaka 2566

Diperbarui: 16 Mei

SURABAYA - analisapost.com | Perayaan Hari Tri Suci Waisak 2566 di Vihara Buddhayana Darmawira Centre (BDC) di jalan Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo dilaksanakan secara sederhana pada hari Minggu (15/05/22)

Suasana doa malam waisaka di Vihara BDC Surabaya (Foto: Div)

Satu hari menjelang Waisak, umat Budha melakukan Puja Malam Waisaka yang di mulai pukul 19.00- 22.00 Wib. Usai puja dan pembacaan paritta, dilanjutkan dengan meditasi bersama selama 15 menit.


Kegiatan yang dipimpin oleh Bhante Dharma Maitri Mahathera menjelaskan, pelaksanaan ibadah di Vihara BDC dengan tema "Dalam Cinta kasih Kita Bersaudara" diharapkan umat Budha di manapun berada, mempraktekan ajaran cinta kasih yang dipakai esensi ajaran sang Budha yang sangat luhur, semoga dengan cinta kasih yang selalu dipraktekan Budha, kedamaian, ketentraman seluruh umat benar-benar akan merasakan damainya berkah Waisak.

Saat memimpin upacara, Bhante memberikan wejangan kepada umat dari ajaran dharma yaitu pembebasan, bebas dari sifat marah, kebenian, keserakahaan dan kebodohan.


"Dengan adanya peringatan Tri Suci Waisak ini, kita berharap khususnya bagi umat Budha, mengembangkan welasasih dan cinta kasih, bukan saja sesama agama, namun juga lintas agama." terang Bante Dharma kepada awak media Analisa Post.


"Kalau kita memiliki cinta kasih, maka kita menjaga pikiran dengan cara welas asih. Ketika batin kita itu damai maka setiap ucapan, pikiran dan tindakan akan dimanifestasikan." tambahnya

Bhante Dharma Maitri Mahathera dan Bhikuni Sri Wardani menjelaskan, pelaksanaan ibadah di Vihara BDC (Foto: Div)

Lanjut Bhante Dharma Maitri memberi pelajaran, bahwa alam semesta ada hukum ketidak kekalan, manusia yang lahir pasti akan mengalami kematian tanpa kecuali. Ini menyadarkan kita bahwa ketidak kekalan adalah hukum alami yang dialami oleh manusia.


Rangkaian selebihnya akan dilanjutkan pada hari senin tanggal (16/05/22) di mulai pukul 08.00-10.00 yaitu pencurahan air bunga pada rupang Bodhisatta Siddharttha. Pada pukul 10.00 - 11.00 dilakukan Vishaka Puja Gatha dan detik-detik Waisaka.


Tidak hanya melakukan pembatasan, panitia juga mengharuskan pengunjung untuk mendaftar saat memasuki ruangan ibadah. Saat ibadah berlangsung, umat di wajibkan tetap menggunakan masker dan jaga jarak (Dna)

1.870 tampilan0 komentar