Umat Hindu India di Sidoarjo, Rayakan Festival Hanuman Secara Sederhana
top of page

Umat Hindu India di Sidoarjo, Rayakan Festival Hanuman Secara Sederhana

Diperbarui: 9 Apr 2023

SIDOARJO - analisapost.com | Hari kelahiran Hanuman yang juga dikenal dengan nama Maruti Nandan, hari ini dirayakan secara sederhana di Pabrik Baja PT ISPAT INDO jl. Gajah Mada No 17, Medaeng Kulon, Kedungturi Kabupaten Sidoarjo Kamis (6/4/23) pada pukul 06.00 WIB. Pabrik yang didirikan pada tahun 1976, 45 tahun yang lalu oleh Mr. L.N Mittal, pengusaha sukses sebagai proyek Greenfield, memproduksi batang kawat terbesar di Indonesia, memiliki tempat ibadah (kuil) di tengah-tengah areal pabrik. Kuil ini merupakan tempat ibadah umat Hindu India di Sidoarjo.

Mr. Anil Malusare sebagai Dy General Manager logistics and shipping (Kiri) dan Mr. Vijay, Head of Maintenance (Kanan) PT Ispat Indo (Foto: Div)

Setiap tahun semua acara komunitas seperti Hanuman Jayanti, Deepawali Pooja, bhajan, acara komunitas lokal diselenggarakan dibawah bimbingan Mr. Praful CEO PT ISPAT INDO.

Sebagai warga India yang tinggal di Indonesia, tentunya bukanlah suatu halangan untuk melakukan ibadah. Dimana festival kelahiran Dewa Hanuman sangat dihormati.


Menurut Mr. Praful, Lord Hanuman adalah pemilik dunia sebagai dewa dengan kemampuan untuk mencapai kemenangan melawan kejahatan dan memberikan perlindungan dharma bagi umat manusia atau Sanatana Dharma.


"Lord Hanuman adalah CEO asli dunia sekaligus CTO (Chief troubleshooting officer) Sanatan Dharma," jelasnya kepada awak media Analisa Post yang di sampaikan melalui whatsapp.


"Hanuman Jayanti atau yang juga di sebut Bajrangbali Jayanti, Anjaneya Jayanti, adalah salah satu tokoh karakter penting dalam epos Ramayana. Dewa Hanuman dalam kepercayaan Hindu adalah simbol kekuatan sejati," ujar Mr. Anil Malusare sebagai Dy General Manager Logistics and Shipping di PT Ispat Indo disampaikan saat di konfirmasi.


"Peristiwa penting dalam agama Hindu India ditandai dengan mengunjungi kuil, mempersembahkan puja dengan melantunkan Hanuman Chalisa kepada pujian Tuhan," jelasnya.

Umat Hindu India melakukan doa saat perayaan Hanuman (Foto: Dokpri)

Menurut Mr. Anil Malusare, ia mengatakan bahwa Hanuman adalah perwujudan seekor kera yang memiliki kekuatan mampu melintasi jarak jauh dengan cepat. Dalam pemujaan, orang-orang menghiasi rumah mereka, pergi ke kuil membawa makanan khas india, Ladhoo untuk lord Hanuman, ada tempat untuk membakar dupa, dan lampu perlengkapan doa.


Sementara Mr. Vijay sebagai Head of Maintenance, ia menambahkan menurut mitologi, Dewa Hanuman adalah putra dari Anjana dan Kesari yang di sebut sebagai putra Vayu Dewa (Dewa Angin), ia dikenal sebagai Pavanputra. Hanoman umumnya disembah sebagai dewa kera. Dia berbeda dengan Dewa lainnya dalam agama Hindu karena fisiknya yang kuat dan kokoh. Namun ia juga dikenal sebagai simbol pengabdian, pengorbanan, dan pelayanan yang merupakan inkarnasi dari Mahadeva yang memiliki Ashta Siddhi dan Nav Nidhi.


"Lord Hanuman ada di satu cerita dalam Bhavartha Ramayana sebagai sosok kera putih pembela kebenaran membantu sang Rama melawan kejahatana saat Dewi Sinta di culik," ceritanya terbata-bata saat menggunakan bahasa Indonesia yang tidak begitu lancar ucapkan.

Saat memasuki areal pabrik yang memiliki pijakan kuat dan posisi strategis untuk berdagang di seluruh dunia, umat yang hendak memasuki Shri Hanuman Kuil, diwajibkan melepas alas kaki, lonceng yang tergantung di depan kuil dibunyikan setiap orang yang akan beribadah.


Dewa Hanuman dihiasi berbagai hiasan, dipasangkan kalung yang terbuat dari bunga. Umat perempuan duduk terpisah dengan laki-laki, semua menghadap ke depan menyanyikan lagu pujian. Usai kegiatan para umat pulang membawa prasadam (makanan yang sudah di berkati) ke rumah masing-masing. Pengaturan kuil cukup nyaman.


Sementara itu, tim analisapost di berikan kesempatan untuk berkeliling melihat suasana pabrik Ispat Indo dari halaman menggunakan tanda pengenal sebagai tamu dan menggunakan helm pengaman sesuai aturan perusahaan.(Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

bottom of page