top of page

120 Warga Tambak Osowilangun Terima Santunan dan Bingkisan Dari Angkatan 93 ITS

SURABAYA - analisapost.com | Menjelang reuni 30 tahun, Angkatan 93 ITS (Institut Teknologi Sepuluh Mopember, Surabaya) mengadakan Bakti Sosial di Kelurahan Tambak Osowilangun, Benowo – Surabaya. Acara yang digelar pada Minggu 16 april 2023 tersebut berupa pemberian paket peralatan sekolah dan susu serta makanan kepada para yatim dan hafidz/ah serta paket sembako kepada para janda dan modin setempat. Kepada total 120 irang tersebut juga diberikan satunan berupa uang tunai yang diserahkan secara serentak di Pendopo Kantor kelurahan Tambak Osowilangun.

Menjelang reuni 30 tahun, Angkatan 93 ITS (Institut Teknologi Sepuluh Mopember, Surabaya) mengadakan Bakti Sosial di Kelurahan Tambak Osowilangun (Foto: Istimewa)

Dedy Purwito, ST., Lurah Tambak Osowilangun menyambut gembira prakarsa dari Angakatan 93 ITS untuk mengadakan Bakti Sosial Santunan Sembako kepada warganya. Dedy yang juga Angkatan 93 ITS dari jurusan Teknik Sipil ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rekan-rekannya dari Angkatan 93 ITS yang telah menerima ajakannya membantu warganya serta mengupayan berbagai solusi atas kendala dan permasalahan yang dijumpai di kelurahan yang ia pimpin. “Terima kasih teman-teman sekalaian, kegaitan ini sangat besar sekali nilai bagi kami dan sangat membantu khususnya bagi 120 warga penerima bantuan, apalagi mendekati Idul Fitri yang sebentar lagi tiba.” Pungkas Dedy.


Prof. Harus Laksana Guntur selaku Ketua Reuni Alumni 93 ITS dalam sambutannya menjelaskan bahwa Bakti Sosial Pemberian santuan dan Sembako kepada warga Kelurahan Tambak Osowilangun ini merupakan wujud kepedulian teman-teman Angkatan 93 ITS serta support bagi Cak Dedy yang sekarang ditugasi sebagai Lurah di tambak Osowilangun. Setelah mengenalkan semua personil yang terlibat dalam acara ini, Harus juga menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran dan antusiasme warga dalam acara kali ini.


“Matur nuwun pada adik-adik yatim, hafidz hafidzan, para ibu-ibu (janda) dan modin yang telah hadir, Mohon maaf hanya ini (santunan dan sembako) yang bisa kami berikan, mohon doanya agar reuni angkatan 93 ITS tanggal 7 Oktober 2023 nanti bisa berjalan sukses dan lancar .“ pinta Harus.

Sebelum acara pembagian santunan dan sembako, juga dilakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh Bidan Citra, dari Puskesmas setempat. Berbagai upaya pencerahan dan bimbingan pada warga tentang pentingnya menjaga kesehatan, menghindari merokok baik aktif maupun pasif, menggunakan air bersih, menjaga asupgamblang dan mudah dicerna. Juga ditekankan tentang pentingnya penyediaan jamban keluarga sebagai upaya menuntaskan keberadaan buang air besar ke saluran air/sungai di kelurahan tersebut.


Sosialisasi PHBS ini juga diselingi dengan semam sehat yang diikuti antusias oleh warga dan seluruh perangkat kelurahan serta Angkatan 93 ITS yang berbaur dalam aktifitas tersebut.

Acara yang berlangsung singkat dan dalam suasana yang hangat tersebut ditutup dengan pembagian kepada 120 orang yang telah terdata dan terverifikasi.


Secara simbolis paket santunan dan sembako diberikan oleh Dedy (Lurah Tambak Osowilangun) kepada Hatiyanto (modin), dilanjutkan Harus (mewakili Angkatan 93 ITS) kepada Nafisha (Yatim) dan Ning reny (Angk. 93 ITS) kepada Bik Nurul (janda). Selanjutnya semuanya mendapatkan pembagian snack, paket alat tulis/sembako dan uang santunan dari panitia yang hadir.


Raut wajah Nafisha (yatim) menampakkan kegirangannya. Melihat paket yang berisi pulpen, pensil, stipo kertas, buku tulis serta susu milo dan kue nextar sangat sesuai dengan apa yang ia harapkan saat ini. Ditambah lagi dengan sejumlah uang yang ia terima, ia Nampak tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. “Terima kasih bapak ibu Angkatan 93 ITS, semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan rezekinya serta sukses acara reuni nantinya” ujar Nafisha.

Radian Jadid, Koordinator Baksos Angkatan 93 ITS menyatakan bahwa kegiatan di tambak osowilangun ini adalah salah satu rangkaian kegiatan menuju Reuni Angkatan 93 ITS yang akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2023 nanti. Santunan dan sembako ini dihimpun dari teman-teman Angkatan 93 ITS yang pada Ramadhan 1444 H ini megawali rangkaian kegiatan reuni dengan mengadakan Buka Bersam Berkah setiap hari di Kampus ITS Pusat maupun Manyar serta di Panti Asuahan di daerah Pandugo yang hingga sekarang sudah lebih dari 5700 paket yang dibagikan.


Juga telah dilaksanakan support Buka dan Santunan 1000 anak yatim dengan IKA ITS PW Jatim (6 April 2023), Kolaborasi Buka Bersama dengan Ibu Shinta Nuriyah Andurrahman Wahid (8 April 2023), Bukber Angkatan 93 ITS Chapter Surabaya (8 April) dan Chapter Jakarta (10 April). Akhir Ramadhan sedang dipersiapkan paket Buka dan Sahur bagi mahasiswa yang tidak mudik dan masih beraktifitas di Asrama maupun kampus ITS.


“semuanya ini merupakan rangkaian kegiatan menuju reuni Angkatan 93 ITS yang dengan tagline “Sinergi untuk Negeri” kami berusaha untuk bisa berkontribusi dan memberikan yang terbaik untuk Ibu yang luhur ITS serta memberikan kemajuan dan kebermafaatan bagi masyarakat “ pungkas Jadid.(Ist)

22 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page