Anjing K9 Unjuk Kebolehan

Diperbarui: 10 Okt 2021


Foto : Charles

SURABAYA - analisapost.com | Hewan satu ini memiliki indera penciuman paling bagus. Hewan ini dapat dikategorikan sebagai binatang yang cerdas dan penurut. Maka tidak salah kalau hewan tersebut sering dijadikan penjaga rumah karena hewan ini sangat setia dengan tuannya, atau dilatih untuk melacak suatu kasus, Penjagaan, Pelacak Narkotika, Patroli hingga sebagai Tim SAR.


Sekilas tentang K9 adalah Syimbol atau Lambang Kesatuan Anjing pekerja diseluruh dunia baik untuk kalangan Militer, Kepolisian dan Kalangan Sipil atau Swasta.


Anjing yang biasa di sebut K-9 adalah sebuah istilah yang berasal dari kata Canine atau Caninae bukan hanya tentang anjing. Ia bisa merujuk ke anjing, serigala maupun anjing hutan.


Dari situlah kemudian istilah Canine atau K-9 dijadikan sebutan untuk anjing pelacak milik kepolisian. Melalui Kesatuan K9 anjing-anjing ini terlatih hingga mempunyai prestasi.


Tidak semua anjing dapat dijadikan anjing pelacak K-9. Kepolisian biasanya menggunakan anjing berjenis Shepherd (Herder) dari Jerman, Doberman dan Rottweller.


Pada Hari Rabbies Sedunia(8/10/2021) yang diadakan di Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) Surabaya. Anjing anjing yang dilatih oleh K9 Polda Jatim unjuk kebolehan.


Aksi ini disaksikan langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Untuk aksi yang ditampilkan itu seperti menangkap maling dan mengendus barang.


Dalam aksi tersebut terlihat gimana cerdasnya. Terbukti pencuri yang sembunyi dibalik pohon mampu diendus dengan cepat. Anjing-anjing yang tampil semuanya sudah pada vaksin. Sama seperti manusia, anjing pelihqrqqn jugq perlu di vaksinasi. Hal itu penting untuk melindungi hewan kesayangan dari penyakit yang banyak diantaranya bisa berakibat fatal.


Perawatannya dari Anjing Pelacak tidak gampang. Semua dipantau oleh Dokter hewan. Termasuk kesehatan dan nutrisinya. Bagi pecinta Anjing jenis yang sering digunakan Polisi ingin memelihara dan menddiknya cuma tidak tahu caranya, disarankan untuk Konsultasi ke K9.(Che)

56 tampilan0 komentar