top of page

Antisipasi Bencana Alam, Polres Ende Gelar Apel Kesiapsiagaan

NTT - analisapost.com | Untuk mengantisipasi bencana alam dan dampaknya di wilayah Kabupaten Ende, Polres Ende gelar Apel Kesiapan Penanganan Bencana Alam Secara Serentak bersama Instansi Terkait di halaman apel Mapolres Ende, Jumat (25/11/22) pukul 08.30 wita.

Bertindak selaku pimpinan Apel Kapolres Ende AKBP Andre Libran SIK, Komandan Apel Ipda Bambang Nurdin dan yang bertindak sebagai Perwira Apel Kabag Ops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta, SE. Serta dihadiri oleh Wakil Bupati Ende, Dandim 1602 Ende, Dansubdenpom IX II Ende, Danpos Pemantauan TNI AL Ende, Kepala PT Jasa Raharja Kab. Ende, Danki 3 Batalyon B Brimob Ende, Kasat Pol PP Kabupaten Ende, Kepala Dinas Damkar dan Kepala BPBD.


Dalam amanatnya, Kapolres Ende mengatakan bahwa beberapa waktu lalu BMKG telah mengeluarkan peringatan terkait tingginya curah hujan yang disertai angin di beberapa wilayah NTT pada awal bulan November s/d Desember 2022. 


Oleh karena itu perlu dilakukan persiapan - persiapan meliputi kesiapan Personel dan Sarpras yang didukung dengan pelaksanaan latihan peningkatan kemampuan Personel baik masing-masing Instansi maupun latihan terpadu. 


Sehingga pada kesempatan ini kami menggelar pelaksanaan apel kesiapan dalam rangka menghadapi dampak cuaca Ekstrim dan Bencana alam internal dengan tujuan untuk memeriksa kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana keterpaduan lintas elemen sektoral.

Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan dan menjadi perhatian kita bersama yakni :

  1. Petakan potensi bencana yang terjadi di wilayah masing-masing.

  2. Selalu berlandaskan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta komitmen moral disiplin kerja yang tinggi serta keikhlasan dalam melaksanakan tugas.

  3. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap diri atau personel maupun kesatuan dalam setiap pelaksanaan tugas sehingga mampu merespom secara cepat dan tepat setiap bentuk bencana yang terjadi diwilayah Kabupaten Ende.

  4. Dibunuh serta memelihara kondisi fisik dan mental untuk senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kapan pun dan dimana pun.

  5. Mempersiapkan dengan baik seluruh sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan dalam menghadapi bencana alam.

  6. Perkuat dan mengendapnya kerjasama solidaritas dan sinergitas antar instansi serta melindungi elemen masyarakat lainnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

  7. Senantiasa jaga keselamatan diri masing-masing pada saat bertugas dan saling mengingatkan satu sama lain dalam hal kebaikan dan keselamatan serta selalu ingat bahwa keluarga anak dan istri menunggu kita kembali kerunah dalam keadaan selamat dan sehat walafiat.

Demikian amanat saya, semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan bimbingan dan kekuatan kepada kita semua dalam melanjutkan tugas. ( wilfridus lera Nere)

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
FLayer web.png
bottom of page