Banjir Bandang Melanda NTT

Diperbarui: 5 Apr 2021


Foto : Dokumen pribadi

Flores, Analisa Post | Banjir Bandang dan Longsor di Kab. Flores Timur, Prov. Nusa Tenggara Timur terjadi pada pukul 15.00 hari Minggu (04/04/2021)


Kronologis dari peristiwa itu adalah akibat hujan dengan intensitas tinggi dan terjadi Banjir Bandang pada Minggu, Pkl. 01.00 WITA


Utuk kejadian Lokasi yang terdampak adalah Kab. Flores Timur, Kec. Ile Boleng

Ds. Lamanele, Kec. Adonara Timur, Kel. Waiwerang, Ibu kota kec adonara timur, Ds. Waiburak, Kec. Wotan ulumado, Ds. Oyang barang

Foto : Dokumen pribadi

Menurut informasi yang di dapat oleh Analisa Post, ada korban Jiwa, 44 orang (MD) (Dalam Pendataan), 9 orang luka-luka (Dalam Pendataan), 7 orang hilang (Dalam Pendataan) 49 KK terdampak (Dalam Pendataan)


Dengan rincian, Kec. Ile Bokeng, Ds.Lamanele, 38 Orang MD (Total korban meninggal belum bisa dipastikan masih tertimbun lumpur), 5 Orang Luka-Luka, 9 KK /20 Jiwa Terdampak, Kec. Adonara Timur Ds. Waiburak 3 Orang MD, 4 Orang Luka-luka sudah dirujuk ke puskesma, 7 orang hilang, Kec. Wotan Ulumado, Ds. Oyang Barang 3 orang MD, 40 KK terdampak


Untuk kerugian materil puluhan rumah warga tertimbun lumpur di Desa Lamanele, Kec. Ile (Dalam Pendataan), Pemukiman warga sekitar hanyut terbawa banjir. (Dalam Pendataan), Jembatan putus di Desa Waiburak Kec. Adonara Timur (Dalam Pendataan)

Foto : Dokumen Pribadi

Upaya yang telah di lakukan adalah Rapat terbatas Bupati, TNI, POLRI dan Instansi terkait Pembentukan posko penanganan darurat. BPBD Kab. Flores Timur melakukan koordinasi dengan instansi terkait seprti Bupati, TNI, Polri, Asiaten 1, BPBD, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Sat Pol PP, DINAS kesehatan, Dinas LH, Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan, Dinas Perkebunan dan peternakan, Bagian humas, Anggota DPRD Meninjau lokasi Kejadian.


Kendala yang di hadapi di dilapangan akses satu-satunya adalah penyebrangan laut ke Pulau Adonara. Akibat hujan, angin dan gelombang akhirnya pelayaran tidak diperbolehkan.


Kondisi terakhir hingga di turunkan berita ini, Minggu, 04/04/2021 Pkl 15.00 WIB Cuaca : Hujan disertai angin kencang

- Desa Lamanele :38 Orang MD

- Desa Waiburak :3 Orang MD

- DesaOyang barang: 3 Orang MD

Total: 44 Orang MD


Yang dalam pencarian : Desa Waiburak: 7 Orang Hilang. Untuk lukaberat dan ringan masih dalam pendataan. Saat ini TIM yang terdiri dari Bupati, TNI, Polri, Asiaten 1, BPBD, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Sat Pol PP, DINAS kesehatan, Dinas LH, Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan, Dinas Perkebunan dan peternakan, Bagian humas, Anggota DPRD sedang dalam perjalanan laut, 30 Menit lagi baru sampai ke lokasi dan segera menginformasikan kondisi terkini. (Red)


Sumber: berita : BPBD Kab Flores Timur

43 tampilan0 komentar