BMKG Menghimbau Agar Masyarakat Waspada Terhadap Cuaca Ekstrim


Foto : Dokpri


BOJONEGORO - analisapost.com | BMKG(Meteorologi,Klimatologi,dan Geofisika) Menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrim hujan secara sporadis lebat dan durasi singkat disertai petir dan angin kencang bahkan hujan es.


Seperti yang terjadi hari ini hujan deras dan angin kencang yang melanda di beberapa wilayah kecamatan kepohbaru Kabupaten Bojonegoro yang menimbulkan kerusakan dan pohon tumbang di sejumlah tempat (18/10/2021).


Salah satu wilayah yang terdampak hujan di sertai angin kencang adalah Desa Nglumber Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro.


Tampak atap gedung MWC NU yang berada di area Sekolahan SMA Darul Ulum nglumber terlihat terhempas akibat angin kencang dan sejumlah pohon yang berada di area Puskesmas Desa Nglumber juga ikut terdampak angin kencang sehingga beberapa pohon terlihat tumbang dan mengakibatkan listrik padam.



Foto : Dokpri

Hujan deras dan di sertai angin terjadi sekira pukul 13.00 wib hingga 14.30 wib menurut keterangan Mulyono Kepala Dusun Sambongrejo Desa Nglumber bahwa "ketika terjadi angin kencang sekira pukul 14.00 wib, arah angin dari utara ke selatan yang mengakibat banyak rumah rumah warga yang atap gentingnya terbang (ngelingkap) dan pepohonan banyak yang tumbang, dengan adanya peristiwa ini tidak ada korban jiwa maupun korban luka".


Ketika hujan sudah reda tampak kepala Dusun Mulyono dan sejumlah warga dengan sigap melakukan evakuasi atap gedung yang terhempas dan beberapa pepohonan yang berada di area puskesmas tersebut.


Dengan adanya bencana alam angin kencang yang terjadi masyarakat dihimbau untuk selalu waspada di tengah cuaca ekstrim yang melanda karena pada saat ini akan memasuki musim penghujan.


Dalam hal ini gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas disekitar wilayah aktif yang dilewatinya memprakirakan potensi hujan lebat dan angin kencang disertai kilat dan petir untuk itu masyarakat harus waspada dan berdoa semoga tidak terjadi apa apa.(Tom)

50 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua