top of page

Buah Mangrove Menjadi Bolu Yang Lezat

Diperbarui: 11 Mei 2023

SURABAYA - analisapost.com | Inovasi ini terlahir dari tangan M Zaki Raihansyah, mahasiswa Manajement Bisnis Poltek Perkapalan Negeri Surabaya. Ia menyulap mangrove menjadi makanan yang lezat berupa kue bolu, wafel dan syirup saat di temui awak media pada hari Minggu (7/5/23) acara car free day di taman Bungkul.

M Zaki Raihansyah, mahasiswa Manajement Bisnis Poltek Perkapalan Negeri Surabaya (Foto: Div)

Terlepas dari hutan mangrove untuk pengembangan wisata alam sebagai pelindung abrasi, magrove juga dapat dimanfaatkan menjadi bahan pangan. Lalu seperti apa bentuk pemanfaatannya ?


Menurut pria muda penuh energik ini, semua produk Magconary menggunakan konsep kota maritim yang memiliki berbagai potensi digunakan sebagai makanan.


"Upaya untuk mengenalkan produk mangrove kepada masyarakat cukup sulit karena tidak mengetahui akan pentingnya ekosistem dan khasiat yang ada. Sehingga tugas kita bersama terus mengkampanyekan produk olahan mangrove. Oleh karena itu, kami mencoba mengolah buah magrove menjadi bolu. Targetnya selain melakukan uji pasar adalah melakukan pengenalan dari produk dan kami juga ingin tes masyarakat untuk mengetahui pendapat mereka terhadap produk kami," ujar Zaki yang kerap di sapa Rehan.


"Disini kami menggunakan 4 aspek yaitu, aroma, rasa, warna dan juga tekstur. Dengan demikian kami mengharapkan masyarakat dapat mengkonsumsi buah mangrove dengan image yang lebih kekinian dan dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat serta besar harapan kami bolu ini bisa menjadi produk unggulan di kota Surabaya," paparnya.

Kelompok yang saat ini berjumlah 3 orang tersebut aktif membuat makanan olahan hingga pesanan.


Dari segi ekonomi, buah magrove ini sebagai alternative makanan dalam olahan kue, wafel dan syirup jika dikemas dengan baik tentu akan dapat menjadi makanan khas daerah. Sedangkan untuk pengolahan bisa dibantu oleh ibu-ibu PKK sehingga bisa membuka lapangan usaha.


Diakui oleh Rehan bahwa buah mangrove sebagai olahan telah diteliti beberapa universitas. Hasilnya buah mangrove mengandung banyak karbohidrat di dalamnya. Oleh karena itu tidak heran dirinya bersama tim siap memasarkan kue bolu ini.


Sedangkan jika dilihat dari ekologi dapat membantu masyarakat sekitar untuk menanam, merawat hingga memelihara tanaman mangrove. Dengan mengetahui manfaat didapat dari keberadaan mangrove, maka masyarakat dapat tergerak menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh khas kota Surabaya selain makanan yang sudah ada.


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

95 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page