Curah Hujan Tinggi, Ruas Jalan Di Sejumlah Wilayah Kota Surabaya Banjir

SURABAYA - analisapost.com | Kota Surabaya kembali diguyur hujan dengan intensitas lebat pada Minggu (27/03/2022) sekitar pukul 15.30 WIB kemarin, hujan yang sangat deras di kota pahlawan ini mengakibatkan di beberapa titik tergenang air dengan ketinggian mencapai hampir setinggi lutut orang dewasa, sehingga menyebabkan kemacetan.

Selain di tengah kota, Banjir juga terjadi di kawasan Surabaya Barat yakni, Simomulyo, Petemon, dan Sukomanunggal, serta kawasan Kutisari, Margorejo dan Ketintang di Surabaya Selatan. Genangan air dengan ketinggian 30 sentimeter tersebut mengakibatkan banyak sepeda motor yang mogok.


Kepala Bidang Pengendalian Banjir Dinas PU Surabaya, Eko Juli Prasetya mengatakan, pada pukul 16.40, sudah mengerahkan 600 unit anggotanya untuk melakukan penyedotan air dengan pompa yang sudah disiapkan di seluruh titik di Kota Surabaya.


“Seluruh Anggota Kita sudah saya kerahkan, kurang lebih ada 600 unit untuk melakukan penyedotan sore ini melalui rumah pompa di surabaya yang total ada 62 unit. Kapasitasnya bisa menampung 0,5 sampai 5 meter kubik,” ungkapnya.


Eko juga menjelaskan, Terkait dengan banjir di beberapa titik Kota Surabaya yang terjadi pada Minggu (27/3/2022) sore, selain curah hujan yang tinggi, topografi tiap daerah juga menjadi faktor terjadinya banjir.


Disamping hujannya tadi sangat deras sekali, beberapa jalan ini cekungannya kurang baik sehingga air tidak bisa masuk ke saluran air. Kami sudah berusaha memaksimalkan untuk penyerapan dan tadi tidak sampai terlambat menyalakan pompa air,” imbuhnya.


Lebih lanjut, Eko menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan segera melakukan evaluasi Terkait wilayah tengah Kota Surabaya yang sering terjadi banjir pada beberapa waktu ini. (LYs)

289 tampilan1 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua