Di Luar Dugaan, Pilkades Yang Dikhawatirkan Ricuh Berlangsung Aman

SUMENEP - analisapost.com | Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Sumenep berlangsung hari ini. Pemilihan mulai dilakukan sejak pagi hingga waktu yang ditentukan. Di desa Gapura Barat Kecamatan Gapura, pemilihan kepala desa mulai dilaksanakan sejak pagi hingga jam 12.00 siang.

Foto : Dok Tim Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD)

Calon kepala desa (Cakades) Gapura Barat terdiri dari dua calon kepala desa. Calon pertama merupakan calon baru dan belum pernah menjabat sebagai kepala desa, sementara calon kedua adalah kepala desa sebelumnya yang kembali mencalonkan diri. Keduanya merupakan satu family atau satu keluarga. Sehingga sebagian masyarakat mulai khawatir pemilihan kepala desa kali ini akan terjadi kericuhan.


Sejak calon Cakades pertama Jufriyanto mencalonkan diri sebagai kepala desa bersaing dengan kakak ipar sepupunya sendiri Rasidi, kepala desa sebelumnya. Masyarakat mulai khawatir terpecahnya suara dan bentrokan antar pendukung dari dua calon kepala desa tersebut.

Foto : Dok Tim Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD)

Namun di luar dugaan pemilihan yang berlangsung dari pagi hingga sampai pada penghitungan suara berlangsung dengan aman dan kondusif. Tidak ada kendala yang terjadi seperti yang dikhawatirkan. Sepertinya semua pihak menyadari adanya hak pilih dan menghormati perbedaan.


"Benar, keduanya masih keluarga. Cakades nomor urut satu adalah ipar sepupu cakades nomor urut dua," ucap salah seorang warga, sebut saja WN kepada tim analisapost.

Foto : Dok Tim Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD)

Warga kembali berdatangan ke tempat pemungutan suara begitu penghitungan suara mulai dilakukan. Penghitungan dilakukan tepat jam 13.00. Mereka sangat penasaran dengan hasil dari pemilihan kepala desa. Dan rekapitulasi perhitungan suara selesai pada jam 21.00, di dapat perolehan suara sebagai berikut :

1. Cakades 1 = 1.091 suara

2. Cakades 2 = 1.433 suara

Dengan hasil tersebut maka kepala desa sebelumnya atau cakades no. 2 kembali memenangkan hak pilihnya sebagai kepala desa Gapura Barat. (Luf)


#sumenep

#pilkades

#luminor


1.271 tampilan0 komentar