Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nias Utara Gelar Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay

NIAS UTARA - analisapost.com | Pelatihan pengelolaan usaha Homestay/pondok wisata yang di laksanakan oleh pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pariwisata bertempat di TC Osseda Jl. Gowe Zalawa Desa Fadoro Fulolo kamis (04/11/2021).


Kadis pariwisata dan kebudayaan kabupaten Nias Utara Bezisokhi Hulu dalam laporan nya menjelaskan "bahwa Homestay /Pondok wisata merupakan salah satu pendukung kepariwisataan, yang mana homestay berarti menyediakan sebagian ruangan untuk disewakan kepada pengunjung, bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-undang no. 10 Tahun 2019 tentang Kepariwisataan dan SK Bupati Nias Utara Nomor:556/214/K/Tahun 2021, Tanggal 03 Agustus 2021" Jelas kadis.

Foto : Asli Lase (Saat pelatihan pengelolaan usaha Homstay)

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini antara lain: Pertama, Meningkatkan kompetensi kepentingan pemangku bidang kepariwisataan. Kedua, Menciptakan pelayanan prima kepada pengunjung atau wisatawan dengan pelayanan yang sesuai dengan perintah atasan. Ketiga, Meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari secara berturut-turut dari tangggal 04 November 2021 sampai dengan 06 November 2021 sesuai dengan juknis dari pemberi dana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pada kegiatan ini turut menghadirkan narasumber dari Manager Hotel Baga Nias Selatan, Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 40 orang yang utamanya berpotensi mencintai pariwisata dan kemungkinan besar berkeinginan mengembangkan kepariwisataan dengan menyediakan homestay/kamar rumahnya untuk ditempati oleh pengunjung/wisatawan" pungkasnya.


Pj Sekda kabupaten Nias Utara Bazatulo Zebua Dalam arahan dan bimbingan "Dengan diadakan kegiatan ini peserta memberikan kesempatan kepada pengunjung/wisatawan untuk tinggal dan betah di homestay yang tersedia di lokasi pariwisata Kab. Nias Utara serta berusaha memberikan informasi dan akses mudah kepada tamu atau pengunjung dengan mempublikasikan melalui berbagai media yang ada sehingga tamu atau pengunjung bisa memanfaatkan dan mengetahui keberadaan homestay di Kabupaten Nias UtaraUtara" Harap sekda.


Manajemen homestay dan masyarakat bekerjasama memberikan pelayanan prima kepada setiap tamu/pengunjung dengan mengikuti prosedur kesehatan,juga mengajak manajemen untuk tetap menjaga kebersihan dan keamanan sehingga tamu/pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal, kepada pelaku-pelaku usaha homestay menumbuhkan sikap proaktif, perilaku positif kepada insan tamu/pengunjung dan menawarkan berbagai kuliner di sekitar homestay sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Pada pelatihan ini turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Utara, Narasumber, Sejumlah ASN dan THL Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Utara , dan Peserta Pelatihan Manajemen Homestay/Pondok Wisata/Rumah Wisata Kabupaten Nias Utara Tahun 2021. (Asli Lase).

54 tampilan0 komentar