Disperindag Kembali Gelar Festival Kayu Di Kota Pasuruan

Diperbarui: 11 Jun

PASURUAN - analisapost.com | Pasuruan yang dikenal selain dengan kota santri, dan wisata religi, juga terkenal dengan industri perkayuan yang menjadi bisnis masyarakat dalam bidang funiture. Buat yang menyukai kerajinan kayu, ada agenda UPTI Kayu Festival yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Jawa Timur bertempat di Gedung Universitas PGRI Wiranegara jalan Ki Hajar Dewantara no 27-28 Kota Pasuruan pada hari Jumat (10/06/22).

Sepeda kayu bertenaga baterai bekas laptop karya siswa SMKN 5 Malang. (Foto: Div)

Berbagai ragam kegiatan yang bisa diikuti mulai dari talkshow, kerajinan yang terkait dengan pengerjaan kayu menggunakan berbagai perkakas, sampai pameran lukisan bakar ada disini dipamerkan kepada masyarakat yang datang berkunjung.


Acara dibuka dengan tarian tradisional. Usai memberikan sambutan, dilakukan pemberian santunan kepada anak yatim, dilanjutkan menyanyikan Indonesia Raya yang diakhiri dengan pemberian penghargaan Kepada PT Propam Raya ICC sebagai mitra kerja Desperindag Provinsi jatim.

Ada 3 materi yang disampaikan didalam talkshow seperti : Kebijakan Pemerintah terkait percepatan P3DN, Kebijakan pemerintah untuk perkembangan dan melestarikan IKM Funiture kayu di Kota Pasuruan, UKM Kayu jualan langsung pasar Global disampaikan oleh founder UKM Mendunia, dan peran serta kontribusi PT Propam dalam mendukung stakeholder dalam menuju optimis Jatim Bangkit.


Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Dr.Ir.Drajat Irawan,SE.,MT, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan, Drs. Yanuar Afriansyah, M.M, beserta jajarannya, Pimsubdiv Trade Finance, Hening Tri Ujiati, Bank Jatim, PT Propam, Agoes Dwie Poernama S.T. Hadir juga PT Gunung Mas Samudra-Group Surabaya, Iko Sukma Handriadianto, Kabag Pengelolaan LPSE Pada Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdapro V Jawa Timur, Syamsiar Aulia Rahman,S.IP,M.Si, Rektor Universitas Wiranegara, disambut sangat antusias.

Tampak beberapa hasil karya cindera mata (Foto:Div)

Pada kesempatan mengunjungi stand UKM Binaan UPT Industri Kayu dan Produk kayu, Dr.Ir.Drajat Irawan SE.,MT, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Provinsi Jawa Timur, saat diwawancara mengatakan, "Mengingat potensi industri perkayuan sangat besar serta perlu didukung Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan dan pemasarannya, festival ini diharapkan bisa menambah wawasan dan mampu mendorong semangat untuk lebih berinovasi mengembangkan industri kayu dan produk kayu."ujarnya


"Jadi wajar kalau UPT kayu ini kita aktualisasikan dalam rangka mendorong pengembangan industri. Apalagi kontribusinya mencapai 70 persen lebih," jelas Drajat kepada awak media Analisa Post.


"Festival ini sangat baik tujuan diselenggarakannya adalah guna menjalin kemitraan dengan para pengusaha dan pengerajin kayu untuk memamerkan hasil karya kerajinannya agar mudah dipasarkan keluar negeri." tutupnya mengakhiri


Beberapa hasil kerajinan kayu yang dipajang adalah Sepeda kayu listrik yang energinya dari batrai bekas laptop hasil rakitan dari SMKN 5 Malang, Lukisan bakar, jam dinding, cinderamata hasil siswa siswi SMKN Bangil dan masih banyak lagi. (Dna/Che)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#UniversitasPGRIwiranegara #UKM #disperindag #produkkayu #PTPropamraya

844 tampilan0 komentar