Dompet Dhuafa Resmikan RS Darurat di Jaktim

Depok, Analisa Post | Crisis Center Cekal Corona (C4) Dompet Dhuafa kembali meresmikan rumah sakit darurat lapangan di RSUD Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (2/9). Hal ini menambah jumlah rumah sakit darurat lapangan yang diprakasarai Dompet Dhuafa.


Foto: Humas

Kini, ada empat totalnya. Sebelumnya, rumah sakit lapangan ini juga berada di RSUD Kebayoran Lama, RSUD Matraman, dan di RS Graha Permata Ibu Depok.


Rumah sakit darurat lapangan yang dilengkapi alat-alat kesehatan ini diharapkan mampu mempercepat kesembuhan para pasien Covid-19 dan menekan persebaran kasus lebih jauh. Dengan demikian, ini juga merupakan bentuk kesigapan Dompet Dhuafa dalam menangani kasus Covid-19.


Foto: Humas

“Ikhtiar Ini juga merupakan bentuk kontribusi Dompet Dhuafa dalam membantu percepatan kesembuhan pasien,”ucap Ahmad Shonhaji selaku Direktur Dakwah, Budaya, dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa.


Selain itu, rumah sakit darurat lapangan ini memiliki luas 6 X 12 meter yang mampu menampung pasien 10–15 pasien.“Dengan ukuran tersebut, sementara ini kapasitasnya kita isi enam tempat tidur. Namun, melihat situasi yang ada, kita bisa menambah atau memperlebar kapasitasnya,” tambah Direktur RSUD Cipayung Ekonugroho Budhi Prasetyo.


Foto: Humas

Di sisi lain, Wagimin selaku Subdinkes Wilayah Jakarta Timur juga menjelaskan bahwa pendirian rumah sakit lapangan ini bergantung pada kebutuhan dari rumah sakit tersebut. ”Mudah-mudahan, ini adalah salah satu upaya untuk cepat menurunkan Covid-19. Sebab, ini akan digunakan pemeriksaan untuk pasien-pasien yang terindikasi, Dengan demikian, mudah-mudahan bisa terpisah antara pasien yang terindikasi Covid-19 dengan yang tidak terindikasi,” terang Subdinkes Wilayah Jakarta Timur Wagimin.


Sementara itu, Crisis Center Cekal Corona Dompet Dhuafa yang terdiri atas berbagai organ unit program. Misalnya, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa, Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM), dan dukungan dari donatur-donatur setia Dompet Dhuafa. Itu Mampu memberikan program-program penanganan Covid-19 dengan sigap.


“Selain empat rumah sakit, Dompet Dhuafa mendistribusikan seribu tabung oksigen yang sudah kami jalankan di beberapa wilayah. Misalnya, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lain-lain. Ada juga bantuan pakan dan pangan, konsultasi kesehatan, agama, serta program-program lainnya,”lanjut Ahmad Shonhaji.


“Tentunya, Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT. Sebab, hari ini. Allah SWT mempertemukan para pelaku-pelaku kebaikan. Dompet Dhuafa hanya sebagai mediator dari para kebaikan muzakki, munfik, wakif, dan para donatur,” tutup Ahmad Shonhaji. (Hms/Ced)

45 tampilan0 komentar