Dua Desa Meraih Juara di Jawa Timur Yang Layak Jadi Percontohan


Jombang, Analisa Post | Hari ini Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, DR. Drs. H. Abdul Halim Iskandar menghadiri Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pemutakhiran Data IDM (Indeks Desa Membangun) berbasis SDGs Desa tahun 2021 di Balai Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Sabtu (22/05/2021).


Dua desa yang sudah menyelesaikan pemutakhiran data yakni Desa Pulosari Kecamatan Bareng kabupaten Jombang, Jawa Timur yang berhasil dan merampungkan pemutakhiran data berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Desa sebelum 1 Juni 2021. Desa Pulosari diberikan penghargaan sebagai juara I pemutakhiran data tercatat pada tanggal 4 Mei 2021 telah menyelesaikan penginputan data RT sebanyak 23, KK sebanyak 1.461 dan warga sebanyak 4.509.

Foto Div (Kepaa Desa Pulosari dan Sekdes memberikan cinderamata kepada Mentri Desa, PDT dan Transmigrasi

Tujuan SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan hidup, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya dan desa pancasila untuk percepatan.


Kepala Desa Pulosari Nefi Ufus Sholikah mengatakan bahwa data berbasis SDGs Desa telah selesai berkat dukungan dari berbagai pihak seperti pihak kecamatan dan pendamping desa yang selalu memberikan bimbingan dalam penyelesaian permasalahan.


Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi DR. Drs. H. Abdul H Iskandar, dalam peninjauan ini mengatakan,”Semoga Ini akan menjadi percontohan, pelaksanaan Musdes yang bagus, pelaksanaan Musdes yang benar." Ujarnya


"Ukuran Musdes yang benar itu kalau peserta yang dihadirkan betul-betul mempresentasikan yang ada di desa kalau disitu ada kelompok kaum marginal banyak mengganggur di undang perwakilannya, kalau disitu ada kaum Disable, diundang perwakilannya, semua presentasi yang ada di desa di undang itu salah satu ukuran Musdes yang betul." Imbuhnya

Kades Pulosari bersama Mentri DR. Drs. H. Abdul Halim Iskandar

"Yang ke 2 semua di buka dan dipaparkan disitu semua dikasih kesempatan untuk berbicara, dikasih saran, Insaallah kepala desa akan enjoy melaksanakan tugasnya karena sudah diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat.” Paparnya mengakhiri perbincangan dengan awak media Analisa Post.


Abdul Iskandar yang kerap di panggil Gus Menteri, juga memberikan apresiasi kepada Kepala Desa dan peserta Musdes yang betul-betul merepresentasikan di masyarakat desa. Dalam kegiatan ini turut juga dihadiri oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Jombang Sumramba. (Dna)




35 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua