Edukasi Warga Agar Peduli Lingkungan, YKMS Audiensi Bersama Wakil Ketua DPRD Surabaya

SURABAYA - analisapost.com | Setelah melakukan audiensi dengan Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Pemkot Surabaya beserta Kepala Bakesbangpol Kota Surabaya beberapa hari yang lalu, Yayasan Karya Muda Sejahtera (YKMS) kembali melakukan audiensi bersama Wakil Ketua DPRD kota Surabaya. Selasa (22/02/22)

YKMS kembali melakukan audiensi bersama Wakil Ketua DPRD kota Surabaya. Selasa 22/02/22. (Foto: Ubet)

Rombongan dari YKMS yang turut hadir antara lain : Dewan Pengawas YKMS, Imam Budi Utomo, S.T., M.M., Ketua Umum YKMS, Arief Prayogo, S.Sos, Sekretaris Umum YKMS, Moch Tuary, Bendahara Umum YKMS, Heri Prasetyo, S.H., juga Divisi Humas dan Kerjasama, Yuda Panuluh, S.E.


Ketua YKMS, Arief Prayogo S.Sos. menjelaskan bahwasannya,tujuan audiensi tersebut selain bersilaturrahmi, juga untuk membahas program-program unggulan YKMS yang mana diharapkan bisa bermanfaat bagi warga kota Surabaya.


"Kami dari YKMS akan melaksanakan tiga Program Unggulan yaitu : Urban Farming, Olah Limbah, Daur Ulang, dan Kampung Wisata Edukasi."papar Arief


Masih dengan Arief memaparkan, dikota besar seperti Surabaya sangat sulit mendapatkan lahan yang luas untuk bercocok tanam. Oleh sebab itulah YKMS ingin mengedukasi dan menginspirasi warga masyarakat perkotaan untuk bertanam menggunakan media vertikultur dengan memanfaatkan lahan sela.


"Untuk pengolahan limbah dan daur ulang, kami memanfaatkan limbah rumah tangga, yaitu : Minyak jelantah untuk dibuat barang yang bernilai lebih seperti souvernir atau sabun. Sedangkan, limbah popok bekas diolah menjadi Piala, Vas Bunga, dan Paving," terang Arief.


Lanjut Arief menjelaskan, untuk Kampung Wisata Edukasi (Pusaka), YKMS mempunyai kampung penggarapan yaitu Kampung Telang yang berada di Ketintang Baru Surabaya, dan Kampung Verti yang berada di Kendangsari.


"Beberapa hari yang lalu, YKMS juga menggelar Gerakan Tanam Serentak Menggunakan Metode Vertikultur Se-nusantara di kampus UNIPA bersinergi dengan Aksi Cepat Tanggap ACT Masyarakat Relawan Indonesia MRI, Universitas PGRI Adi Buana serta Cak dan Ning Surabaya untuk mendorong minat bercocok tanam warga Kota Surabaya dengan memanfaatkan lahan sela," tambah Arief.


"Kami sangat berterima kasih sudah diberikan kesempatan berdiskusi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya. Semoga dengan silaturrahmi ini, kami YKMS dapat berkontribusi mewujudkan Surabaya untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya dengan beberapa program unggulan kami", harap Arief.


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti, S.Si sangat mengapresiasi dan bangga atas kedatangan teman-teman YKMS atau Komunitas Muda-Mudi Surabaya (KMS) yang sangat konsen terhadap lingkungan.


"YKMS merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang lingkungan dan konsentrasinya adalah Pengelolaan limbah sehingga diharapkan YKMS bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan Kota Surabaya utamanya dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat," terang Reni.


Reni juga menjelaskan bahwasanya, dari penjabaran Ketua YKMS yang dimana juga telah bertemu dengan Staf Ahli Pemkot juga Kepala Bakesbangpol Kota Surabaya beberapa hari yang lalu, Insyaallah akan dibantu memfasilitasi kegiatan YKMS yang konsen terhadap lingkungan dan pengolahan limbah rumah tangga.


"Terima kasih sudah berkunjung kesini, Semoga semua rencana kegiatan yang telah dipersiapkan berjalan lancar dengan ikut terlibat memberikan manfaat bagi warga Kota Surabaya sebagai bukti kecintaan terhadap Kota Surabaya," harap Reni.(Ubet)

315 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua