Ekowisata Mangrove Wonorejo, Bukan Sekedar Rekreasi

Surabaya, Analisa Post | Tim Kecil BW II STP Satya Widya Surabaya yang berwisata ke Ekowisata Mangrove Wonorejo, disambut dengan ramah oleh Pak Devid bagian operasional EMW, yang kemudian mempersilakan tim antre naik perahu dari dermaga keberangkatan ke dermaga kedatangan.

Pendamping tim menunjuk sebuah spanduk ucapan selamat datang dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Inggris, kemudian menerangkan, dari sini wisata di ekowisata dimulai. Area wisata ada di sebelah sana, menyusuri jogging track yang membelah hutan mangrove menuju gazebo, sedangkan perahu itu adalah transportasi antar titik, dari dermaga keberangkatan ke dermaga kedatangan.


Memulai wisata pendamping menjelaskan bahwa ekowisata merupakan satu bentuk perjalanan wisata yang bertanggung jawab di kekawasan alami dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat.


Hal tersebut menunjukkan kesatuan konsep yang terintegrasi yang terintegrasi tentang keseimbangan antara menikmati keindahan alam dan partisipasi dalam pelestarian alam baik keindahan maupun keutuhan hutan mangrove sebagai sumber daya pariwisata untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan.


Wisatawan menpunyai tangung jawab, terutama terhadap, kelestarian sumber daya pariwisata dan fasilitas-fasilitas wisata yang ada. Paling tidak tanggung jawab menjaga kebersihan area wisata dengan cara membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan, bukan sekedar rekreasi. (bw)

119 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua