Eling dan Waspada Membangun Kepedulian Sosial Dalam Perayaan Waisak


Foto :Div (Pencurahan Air Bunga Pada Rupang Bodhi Sattha

Surabaya, Analisa Post | Pandemi masih ada, masih belum usai. Tidak ada perayaan Waisak yang meriah. Namun umat Budha di Surabaya tetap menjalankan Tri Suci Waisak 2565 Sebagian umat datang ke wihara dan sebagian mengikuti secara Virtual dengan tema "Eling dan Waspada Membangun Kepedulian Sosial. Rabu (26/05/2021)


Waisak adalah perayaan hari besar yang diadakan oleh umat Buddha untuk memperingati 3 peristiwa penting yaitu :

1. Kelahiran Pangeran Siddhartha

2. Pencapaian Pencerahan Sempurna (Sammasambuddha)

3. Mahaparinibbana

Foto : Charles (Suasana detik-detik Waisak)

Sekertaris Sangha Agung Indonesia Wilayah Jawa Timur dan Bali, Bhikkhu Dharma Maitri Mahathera menjelaskan, "Pelaksanaan ibadah di Vihara BDC kali ini dalam rangka Tri Suci Waisak mengharuskan seluruh umat menerapkan prokes secara ketat, tanpa terkecuali.

Harus menerapkan prokes secara ketat," Ujarnya.


Jadwal Perayaan Trisuci Waisak, Pertama dilakukan pada pagi hari pukul 09:00 - 10.00 Wib (Yi Fo) berupa Pencurahan Air Bunga pada Rupang Bodhisatta Siddhattha


Kemudian upacara yang ke dua dilakukan pada pukul 12:00 - 13.00 Wib yaitu pembacaan Pendarasan Cin Kang Cing (Sutra Intan)

Foto : Div

Upacara yang ke tiga di laksanakan pada pukul Pk. 17:00 sampai selesai. Upacara ketiga adalah Visakha Puja Gatha. Saat detik-detik Waisak dilakukan pada pukul 18.13.30 Wib yang dipimpin oleh : "Bhikkhu Sangha Agung Indonesia".


Perayaan ini dilakukan umat bersama-sama di vihara. Namun sebagian di lakukan secara Virtual dan live streaming on Youtube Vihara BDC.Jl. Raya Panjang Jiwo Permai No.44, Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya, Jawa Timur 60299


Perayaan Hari Raya Waisak di lakukan tertib dan sesuai dengan prokes seprti : Bagi yang hadir wajib mengikuti tes suhu tubuh (Thermo Gun) dan Protokol Kesehatan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak). (Dna)


20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua