Festival 1001 Olahan Bebek Hadir Di Tengah Alun -Alun Bangkalan

BANGKALAN - analisapost.com | Festival 1001 Menu bebek Bangkalan 2022 berlangsung di depan Pendopo Agung bangkalan pada hari Kamis 31 maret di tengah alun-alun. Acara di mulai pada pukul 19.00. Tak hanya menyajikan berbagai macam olahan bebek. Kuliner khas Bangkalan, dan berbagai produk ekonomi kreatif juga dihadirkan.

Menparekraf, Sandiaga Uno bersama rombongan dan Wakil Gubernur, Emil Elistianto Dardak, menghadiri festival 1001 menu bebek, 31/03/22 (Foto: Div)

Kegiatan ini dihadiri oleh Menparekraf, Sandiaga Uno bersama rombongan dan Wakil Gubernur, Emil Elistianto Dardak, Staf khusus menteri bidang monitoring evaluasi kebijakan strategi dan perioritas, Panji Gunardi, Bupati bangkalan, R Abdul latif Amin Imron, DPRD Bangkalan, Mohammad Fahad, Forkopinda beserta jajarannya.


Untuk menyambut tamunya, Bupati Bangkalan mengumpulkan sebanyak 50 orang peracik menu olahan bebek. "Selain menu olahan bebek, kami juga menyiapkan makanan khas Bangkalan seperti Topak Ladeh, Tajin Sobih, Soto Mata Sapi Nasi Serpang hingga Nasi Amboina." papar Latif.


Dari puluhan menu olahan khas Bangkalan yang disajikan, Sandiaga sangat menyukai sate bebek. Bukan karena pertama kali mencoba masakan tersebut, namun rasa yang disajikan diakui sangat nikmat.

Beberapa olahan menu bebek yang ditampilkan (Foto : Div)

"Saya baru pertama kali coba sate bebek, tadi ada dua varian yang satunya pakai kelapa dan satu lagi pakai kecap. Yang kecap super enak sekali," kata kata Sandiaga Uno, malam itu.


"Brandingnya sudah bagus, maka perlu dilengkapi dengan isi makna cerita 1001 menu ini. Tentang bagaimana leluhur kita membawa bebek ini hingga bisa diolah menjadi beragam menu. Itu nanti akan menjadi nilai tambah karena setiap penikmatnya akan memiliki kenangan dan pengalaman saat mencoba 1001 menu bebek ini," imbuhnya yang disampaikan pada pidao saat pembukaan festival.


"Saya juga menggunakan batik dengan aroma terapi. Tongkos yang seperti kopiah kolaborasi udeng ini juga bisa menjadi produk ekonomi kreatif untuk oleh-oleh. Jadi kalau ke Bangkalan jangan jadi Rohali (rombongan hanya liat-liat) tapi harus jadi Rojali (rombongan jadi beli) produk-produk ekonomi kreatif Bangkalan,” kata Sandiaga Uno memberi semangat dan tertawa ceria.

Disisi lain Emil, Wakil Gubernur mengaku sangat menyukai varian sate bebek. "Berbeda dengan mas mentri, kalau saya mencoba varian sate kelapa bebek." ucapnya. Ia mengaku sangat menyukai varian itu.

lanjut disampaikan Sandiaga Uno mengatakan bahwa branding dalam festival 1001 bebek ini juga telah dikemas dengan baik. Namun dia juga menginginkan konsep tersebut memiliki makna nilai sejarah.


Dengan diadakannya festival tersebut bisa membuat pariwisata dan ekonomi kreatif bangkit kembali setelah dua tahun terpuruk akibat pandemi.


Menparekraf Sandiaga menjelaskan, pihaknya menargetkan pada tahun 2022 tercipta 700 ribu lapangan kerja baru yang berkualitas pada sektor ekonomi kreatif. Dan 400 ribu lapangan kerja baru di sektor pariwisata.(Dna)

523 tampilan0 komentar