Fungsi Air Dan Ekologi Sebagai Subjek

Diperbarui: 30 Apr


pakar Geologi Handoko Teguh Wibowo, S.T., M.T. (Foto: Div)

SIDOARJO - analisapost.com | Air dalam kehidupan mempunyai banyak fungsi tetapi ada kalanya air bisa mematikan. Belajar dari itu semua seharusnya manusia bisa menempatkan air sesuai dengan porsinya untuk itulah Rumah Budaya yang berada di jalan Malik Ibrahim,No 39 Pucanganom Sidoarjo mengadakan diskusi dengan tema Tata Kelola Potensi Air Kawasan Sidoarjo di Masa Kerajaan & Hindia Belanda- Pentingnya Sejarah bagi Perencanaan dan Pengelolaan Potensi Daerah. Sabtu(06/03/2021)


Berbagi cerita sejarah dalam Perencanaan dan Pengelolaan Potensi Daerah, kawasan Sidoarjo yang secara Geografis berada di kawasan strategis di area pantai secara Geologis berada di dataran rendah serta dilewati Kali Porong yang debit airnya besar. Seperti diketahui, banjir sering terjadi di sejumlah wilayah Kota Delta termasuk di Jalan Jati Selatan, Jalan Raya Jati, Jalan Ponti, jalan depan pasar wisata Tanggulangin, jalan Raya Tambakrejo Waru, Aloha, Seruni, dekat Pasar Larangan, dan beberapa wilayah lain sehingga, ketika hujan deras mengguyur dalam waktu lama, saluran tak mampu menampung air berakibat genangan alias banjir.


Sehingga hal ini menjadi perhatian dan hampir semuanya mengangkat tentang situasi sekitar dunia pertanian dan perkebunan. Memang dari sudut pandang ini, Sidoarjo merupakan sebuah daerah yang menjadi konsentrasi dunia pertanian dan perkebunan di masa lalu diera sebelum kemerdekaan, Belanda sudah membangun beberapa Dam yang berfungsi untuk resapan air.

Foto: Div

Menurut pakar Geologi Handoko Teguh Wibowo, S.T., M.T. (Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia mengatakan, "Ini merupakan kesalahan Pemerintah karena asal membangun. Dimana fungsi dari Ekologi dan penghijauan sudah tidak ada lagi, semua berpulang kepada Tuhan Yang Maha Esa."


"Bagaimana Engineering rekayasa menghadapi setting Geologi untuk Delta seperti ini. Pertama pasti adanya irigasi, Kedua harus memperhatikan alur. Golnya adalah saya ingin memberikan Edukasi bahwasanya Delta itu resikonya banjir. Tergantung bagaimana kita mengelola air. Kita harus bersinergi dengan alam karena yang salah bukan airnya. Kita tidak bisa menyalahkan alam." Tegasnya


Saat awak media Analisa post datang, kegiatan ini di hadiri kurang lebih 50 orang yang di siarkan langsung (live streaming) di Youtube, Kanal Sidoarjo Bisa. Dengan Para pemateri antara lain Handoko Teguh Wibowo, S.T., M.T. sebagai Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Pengda Jawa Timur - Kandidat Doktor Ilmu Geologi UPN Veteran Yogyakarta, serta

Dr. Ir. Raymond Valiant, S.T., M.T. sebagai Direktur Utama Perum Jasa Tirta I.

Foto: Charles

Adanya diskusi ini bertujuan mengajak masyarakat bisa intropeksi diri, tidak saling menyalahkan dengan tidak buang sampah sembarangan. (Che/Dna)



16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua