Hari Raya Saraswati Hari Turunnya Ilmu Pengetahuan
top of page

Hari Raya Saraswati Hari Turunnya Ilmu Pengetahuan

SURABAYA - analisapost.com | Dewi Saraswati dalam keyakinan umat Hindu merupakan Dewi Pengetahuan, Musik, Seni dan Kebijaksanaan. Ia merupakan bagian dari Trinitas atau biasa dikenal dengan Tridewi, yang meliputi Dewi Saraswati, Dewi Lakshmi, dan Dwi Parwanti.

Dewi Saraswati dihormati sebagai salah satu dewi utama. Ia dianggap sebagai ibu dari Weda (teks-teks suci Hindu). Sebagai dewi pengetahuan, sekolah-sekolah yang bermayoritas umat Hindu akan mengadakan upacara pemujaan untuk menghormati kelahiran ilmu pengetahuan di alam semesta ini melalui kemurnian Dewi Saraswati.


Julukan Trinitas itu ada karena para suami dari ketiga dewi tersebut merupakan para dewa Trimurti (Brahma, Wisnu, dan Shiwa). Di mana Trimurti ini merupakan dewa yang diyakini memiliki peran dalam menciptakan, memelihara, dan meregenerasi alam semesta.


Sayangnya, di pulau jawa, tidak banyak yang menganut agama Hindu. Meskipun kondisi yang terbatas, upacara perayaan Hari Saraswati tetap dilaksanakan oleh umat Hindu di seluruh Indonesia setiap 210 hari.


Mulai dari upacara perayaan kecil di pura, rumah mereka, hingga upacara yang diselenggarakan secara bersama-sama di pura pusat sambil mengucapkan "Rahajeng Rahina Saraswati" sesama umat atau bagi yang non Hindu bisa mengatakan "Selamat Hari Raya Saraswati.


Hal ini tetap dilaksanakan dengan menjunjung tinggi budaya leluhur sehinga dimanapun mereka berada, etika, budaya, sopan santun diterapkan, begitu halnya ketika pergi kepura tentu dengan tetap menggunakan masker. (Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com



135 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page