ITS Terima Donasi Dana Abadi 1 Miliar Dari IKA-ITS


SURABAYA - analisapost.com | ITS menerima donasi dari Ikatan Alumni ITS (IKA-ITS) sebesar 1 miliar rupiah, Rabu (10/8) kemarin. Dana ini merupakan hasil dari golf charity tournament yang digelar IKA-ITS yang bekerjasama dengan Persatuan Golf Alumni ITS (PGA ITS), di Damai Indah Golf, PIK Course pada 11 Desember 2021 lalu.


“Kami juga dibantu dalam pelaksanaan penggalangan dananya oleh komisariat-komisariat alumni ITS,” ujar Novirwan Said, Bendahara Umum PP IKA-ITS. Juga partisipasi para alumni yang terlibat dalam kemitraan IKA-ITS.


Menurut pria yang akrab disapa Cak Evo tersebut, ini masih langkah awal untuk mengumpulkan target Dana Abadi ITS. Meski masih sedikit dibanding kampus besar lain, IKA-ITS berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam Dana Abadi ITS. “Semoga bisa saling menguatkan para alumni dengan almamater,” harapnya.

ITS menerima donasi dari Ikatan Alumni ITS (IKA-ITS) sebesar 1 miliar rupiah, Rabu (10/8) kemarin. (Foto: Istimewa)

Hal tersebut sekaligus menjadi trigger agar para alumni ITS sadar terkait pentingnya Endowment Fund atau Dana Abadi. “IKA-ITS ingin menggugah dan mengajak para alumni untuk peduli dengan almamaternya. Kita bisa sukses sekarang ini juga karena pernah belajar di ITS. Dana Abadi ini akan bermanfaat untuk ITS dan para mahasiswa nantinya,” paparnya Cak Evo.


Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS, Dr. Agus Muhammad Hatta S.T, M.Si, Ph.D menambahkan, gerakan filantropi perlu dipupukdan dikembangkanbaik di lingkungan ITS dan Nasional, sehingga bisa menjadi gaya hidup. Filantropi adalah suatu tindakan berupa sumbangsih waktu, tenaga, pikiran dan termasuk harta benda untuk menolong dan memajukan kemanusiaan

“Dana abadi adalah sarana yang baik untuk gerakan filantropi ini, dimana sumbangsih yang terkumpul secara bersama-sama akan semakin membesar. Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai program,” terangnya.


Peran alumni dalam Dana Abadi ITS, lanjut Hatta, sangatlah penting untuk menjadi teladan masyarakat dalam budaya filantropi dan tentu saja merupakan amal jariyah yang kebermanfaatannya terus mengalir.

Total donasi Dana Abadi ITS saat ini telah mencapai lebih dari 54 miliar rupiah. Namun IKA-ITS dengan berbagai kegiatannya, akan berusaha untuk terus berpartisipasi dalam meningkatkan jumlah serta manfaat Dana Abadi.


Salah satu manfaat hasil pengelolaan Dana Abadi ITS yang telah direalisasikan adalah Beasiswa Dana Abadi yang diberikan kepada 61 mahasiswa ITS yang terdampak pandemi, November 2021 lalu. Beasiswa ini diberikan bertepatan dengan Dies Natalis ITS yang ke-61.

Selain beasiswa, hasil dari pengelolaan Dana Abadi ITS juga akan digunakan untuk mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya. Seperti kompetisi internasional, permodalan startup, pengabdian masyarakat, infrastruktur, riset dan inovasi, serta percepatan professor.(Ist)


Dapatkan Update beritapilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#ITS #IKAITS #Donasi

1.120 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua