Jelang Idul Adha Pemda Pohuwato Beri Data Hewan Kurban

POHUWATO - analisapost.com | Pemda Pohuwato saat ini tengah membahas persiapan hari raya idul adha dan tahun baru islam 1444 hijriyah. Rapat yang berlangsung di ruang pola kantor bupati dipimpin Asisten Administrasi Umum, Rusmiyati Pakaya yang didampingi Kabag Kesra, Ibrahim Hanapi dan dihadiri sejumlah pimpinan OPD, unsur kemenag, para camat se-kabupaten pohuwato serta pemangku adat, Selasa, (14/6/2022).

Pemda Pohuwato tengah membahas persiapan hari raya idul adha dan tahun baru islam 1444 (Foto: Istimewa)

Dari hasil rapat tersebut, terungkap bahwa data sementara hewan kurban di pohuwato sejumlah 306 ekor sapi sebagaimana laporan dari OPD dan kecamatan. “Data ini belum fiks, karena melihat rentan waktu yang kurang lebih 21 hari lagi pelaksanaan hari raya idul adha. Untuk semua OPD dan kecamatan kiranya dapat melaporkan kembali ke bagian kesra data ril dari hewan kurban menjelang hari raya idul adha, baik itu jumlah sapi maupun kambing”,ungkap Rusmiyati.


Disisi lain Asisten Adiministrasi Umum, Rusmiyati Pakaya berharap agar petugas pelaksana pada hari raya idul bisa dibahas pula. Pun demikian dengan persiapan peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1444 hijriyah yang setiap tahun dimeriahkan.


Sementara itu Kabag Kesra, Ibrahim Hanapi menambahkan, dari hasil rapat sementara yang dirangkum dari semua OPD dan kecamatan terdapat 306 ekor sapi kurban. “Ini baru data awal, kemungkinan akan bertambah. Olehnya laporan dari kecamatan dan OPD sangat diharapkan untuk memastikan jumlah hewan kurban yang ada di kabupaten pohuwato”,ungkapnya.


Dijelaskan Ibrahim, sebagaimana laporan dari beberapa OPD bahwa mereka akan memberikan satu sapi ke kantor bupati, karena beberapa OPD terdapat dua bahkan lebih sapi kurban. “Sapi dari OPD itu akan dibagi pula ke desa atau masjid yang ada di pohuwato, dan di OPD juga tetap ada sapi yang dipotong serta dibagi ke masyarakat yang wajib mendapatkan daging kurban”jelas mantan Sekcam Wanggarasi itu.

Kemudian kata Kabag Kesra, Ibrahim Hanapi, untuk petugas pelaksana pada hari raya idul adha akan dibahas kembali, karena beberapa petugas belum bisa hadir pada rapat tersebut karena masih berhalangan dan ada kegiatan lain. “Petugas pada hari raya idul adha akan dirapatkan lagi, untuk itu saat ini belum ditetapkan”,ucapnya.


Terakhir untuk tahun baru islam, Ibrahim mengungkapkan bahwa dalam memeriahkan tahun baru islam akan diadakan pawai hijratul rasul yang melibatkan seluruh OPD yang ada. “Apa ada tambahan kegiatan dalam menyambut tahun baru islam akan disampaikan kembali. Intinya bahwa pawai hijratul rasul tetap dilaksanakan dalam menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1444 hijriyah”,tutup Ibrahim Hanapi.(Zebal)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#iduladha #PemdaPohuwato


285 tampilan0 komentar