JWKS Gelar Workshop "Gender In Media"

KETAPANG - analisapost.com | JWKS adakan Kegiatan Workshop Gender in Media

Jurnalis Warga Kayong Solidaritas atau disingkat JWKS adalah sebuah komunitas yang terdiri dari berbagai latar belakang. Selasa (10/11/21)

Foto : Dicky

Komunitas ini sendiri aktif dalam kegiatan diskusi dan belajar bersama untuk membuat produk jurnalistik dengan tema pemberdayaan, pelestarian lingkungan, budaya, serta tema-tema yang ada di sekitar masyarakat.


Kegiatan ini digelar di Gedung Diklat KSP. CUPS yang juga studio Rakom GS dilaksanakanlah kegiatan workshop Gender un Media. Kegiatan yang berlangsung dari pukul lima sore dan selesai pukul delapan malam ini diikuti sekitar 18 orang anggota JWKS.


Sebagai fasilitator yakni VD. Irwin dan yang menjadi narasumber adalah F. Alkap Pasti. Kegiatan ini dibagi dalam 2 sesi yakni pengantar mengenai pengetahuan gender dan media serta sesi diskusi membuat produk jurnalisme yang sensitive gender.

Foto : Dicky

Kegiatan ini sendiri dapat berlangsung atas prakarsa lembaga Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN). Lembaga yang berdomisili di Jakarta ini sendiri merupakan lembaga nir laba yang berfokus pada peningkatan kapasitas bagi pekerja dan penggiat media di Indonesia maupun di kawasan Asia Tenggara. Adapun yang menjadi salah satu fokusnya yakni pendampingan komunitas jurnalis warga.


Gender in media sendiri dipilih karena menjadi salah satu hal penting pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis. Bagaimana hasil tulisannya dapat memiliki perspektif gender juga mulai dari pemilihan narasumber, angle berita, judul serta isi dari produk itu sendiri.


Diharapkan dengan kegiatan workshop kali ini, para peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan ketrampilan yang didapat baik dalam kesehariannya khususnya juga dalam produk berita yang dihasilkan.(Dicky)

180 tampilan0 komentar